Lintas Meulaboh-Geumpang Lumpuh

   •    Selasa, 18 Oct 2016 12:36 WIB
banjir
Lintas Meulaboh-Geumpang Lumpuh
Foto ilustrasi. Warga menggunakan jasa angkutan becak untuk melintasi jalan lintas Calang-Meulaboh. (Ant/Irwansyah Putra)

Metrotvnews.com, Meulaboh: Jalan lintas Meulaboh-Geumpang Provinsi Aceh lumpuh akibat terjangan
banjir di kawasan Blang Beurandang, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat. Jalan penghubung Kabupaten Pidie-Aceh Barat itu terendam air sejak semalam.

"Saat mulai banjir kemarin akses jalan tidak terganggu, baru hari ini. Masyarakat Blang Beurandang sudah mengungsi sejak tadi malam," kata Daslem Keuchik/Kepala Desa Blang Beurandang di lokasi banjir, dikutip Antara, Selasa (18/10/2016).

Tidak kurang dari satu kilometer jalan lintas Meulaboh-Geumpang itu digenangi air limpahan dari area pesawahan. Ketinggian air mencapai 30-70 sentimeter, kendaraan roda empat sulit melintas.

Meskipun ada kendaraan yang memaksa, hanya dapat mengunakan satu sisi badan jalan dengan ketinggian 30-50 sentimeter. Sedang kendaraan roda dua harus mengunakan jasa becak dayung masyarakat sekitar.

Selain jalan dan persawahan, banjir lebih para juga menggenangi perumahan warga. Ketinggian banjir mencapai 1-1,5 meter.

Baca: Banjir, Ribuan Warga Aceh Barat Mengungsi

"Logistik kami masih menanti, untuk korban banjir sudah 900 KK telah kita data pagi ini, hanya enam persen perumahan penduduk yang mungkin belum terendam. Ketinggian air ada 1 meter ada 1,5 meter," sebutnya.

Sebagian besar masyarakat desa itu sejak Senin (17/10) malam mulai mengungsi di masjid, balai pengajian, tempat
ketinggian, dan sebagian memilih ke kawasan Kota Meulaboh atau mencari rumah kerabat yang masih aman.

Dua hari terakhir, banjir merendam beberapa wilayah di Aceh Barat. BPBD setempat mencatat tujuh kecamatan terendam. Sementara ribuan warga diungsikan.


(SAN)