Kapal Tenggelam di Batam Angkut TKI Ilegal dari Malaysia

Antara    •    Rabu, 02 Nov 2016 16:36 WIB
kapal tenggelam
Kapal Tenggelam di Batam Angkut TKI Ilegal dari Malaysia
Petugas mengevakuasi korban kapal tenggelam di perairan Batam, MI - Hendri Kremer

Metrotvnews.com, Denpasar: Kapal cepat yang tenggelam di perairan Batam, Kepulauan Riau, mengangkut tenaga kerja Indonesia (TKI) ilegal. Kapal tersebut tenggelam saat mengangkut 93 penumpang dari Malaysia.

Kepala Seksi Kecelakaan Kapal dan Pemeriksaan Kapal Direktorat Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai Dirtjen Perhubungan Laut Kemenhub Captain Wahyu Prianto mengatakan kapal mengangkut TKI yang bekerja di Malaysia. 

"Kemungkinan para TKI bekerja di kelapa sawit. Jadi ada yang menyewa kapal," kata Wahyu di sela-sela acara dialog dengan Delegasi Singapura di Denpasar, Bali, Rabu (2/11/2016).

Saat ini, katanya, Kemenhub dan SAR mencari penumpang kapal yang hilang di perairan Batam. Jumlah korban yang selamat pun masih simpang siur.

Pendik Eko Purnomo, awak kapal yang selamat, mengatakan jumlah penumpang 93
orang. Kapal berangkat dari Malaysia pukul 03.40 waktu setempat. Saat melintasi perairan Tanjung Bemban, Batu Besar, Batam, kapal menabrak karang.
 
Berdasarkan informasi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau, 17 penumpang ditemukan meninggal. Sedangkan 39 orang selamat. Sementara 37 lainnya masih dalam pencarian.

Video pencarian korban kapal tenggelam di Batam:




(RRN)