Seluruh Perizinan BP Batam Dialihkan ke MPP Mulai Senin

Anwar Sadat Guna    •    Minggu, 03 Dec 2017 16:24 WIB
perizinan
Seluruh Perizinan BP Batam Dialihkan ke MPP Mulai Senin
Kesibukan di salah satu sudut pelabuhan Kota Batam. FOTO: MI/Hendri Kremer

Batam: Badan Pengusahaan (BP) Batam mengalihkan semua jenis perizinan ke Mall Pelayanan Publik (MPP) Batam. Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) BP Batam beraktivitas di gedung MPP mulai Senin, 4 Desember 2017

Deputi Bidang Pelayanan Umum BP Batam Bambang Purwanto mengatakan, saat ini tim PTSP BP Batam secara bertahap memindahkan seluruh peralatan kerja ke MPP yang berada di lantai dasar Gedung Sumatera Expo, Batam Centre, Kota Batam.

"Kantor PTSP BP Batam yang sebelumnya berada di lantai tiga, akan diturunkan ke lantai satu di gedung MPP," ujar Bambang di kawasan Barelang, Minggu, 3 Desember 2017.

Dokumen maupun arsip berbagai perizinan juga mulai dipindahkan ke MPP. Bahkan, sambung Bambang, sistem atau jaringan interkoneksi data yang nantinya saling terpadu dalam pengurusan perizinan juga sudah mulai dikerjakan.   

"Kami harapkan bisa segera selesai, sehingga Senin besok berbagai aktivitas pelayanan perizinan sudah bisa dikerjakan di MPP," ungkapnya.

Sedikitnya ada 117 perizinan BP Batam bisa diurus di MPP tersebut. Pihaknya akan mengawal seluruh proses perizinan, mulai dari pengajuan masuk hingga investor mendapatkan seluruh perizinan yang dibutuhkan.

Selain BP Batam, Pemerintah Kota (Pemko) Batam juga akan memindahkan kantor pelayanan perizinannya ke MPP Batam. Instansi atau lembaga lain yang akan melayani perizinan di MPP Batam, antara lain Badan Pertanahan Nasional (BPN), Kantor Pajak, Bea cukai, Dinas Tenaga Kerja, Imigrasi, dan kepolisian.

"Sistem atau jaringan di MPP nantinya akan online, akan saling terpadu atau terintegrasi dalam pelayanan perizinan. Jadi, semua perizinan yang dibutuhkan investor asing maupun dalam negeri ada di MPP. Termasuk perizinan untuk perhotelan, perumahan, lahan, dan ekspor-impor," jelas Bambang.

Pengurusan perizinan izin tinggal dan bekerja bagi warga negara asing juga diurus di Mall Pelayanan Publik. "Jika ada hal yang berkaitan dengan perizinan dari kementerian terkait, maka BP Batam berkewajiban mengawal perizinan tersebut hingga ke pusat," pungkas Bambang.


(SUR)