6.000 Pelanggan Terdampak Penutupan Aliran Gas

Deddy Pranata    •    Kamis, 27 Sep 2018 15:13 WIB
kebakaran
6.000 Pelanggan Terdampak Penutupan Aliran Gas
Petugas menutup pipa imbas terjadinya kebakaran dekat pipa milik PGN

Palembang: Perusahaan Gas Negara (PGN) wilayah Sumatera Selatan menutup sementara aliran gas ke pelanggan akibat terjadi kebakaran di dekat pipa milik PGN di Jalan Demang Lebar Daun, Kota Palembang, Sumatera Selatan, Kamis, 27 September 2018. Akibat penutupan itu sejumlah pelanggan terkena imbasnya.

"Ada sekitar 89 pelanggan industri komersial dan sekitar 6.000 pelanggan rumah tangga yang terpaksa tidak dapat menggunakan aliran gas," kata Sekretaris Perusahaan PGN, Rahmat Hutama, Kamis, 27 September 2018.

Adapun wilayah yang terkena imbas antara lain Pakjo, Dwikora, Harapan, Seduduk Putih, Sukamaju, Sako dan sekitarnya. Sementara daerah Macan Kumbang dan Bank Raya tak terkena imbas meski berdekatan dengan lokasi.

"Pipa di dekat lokasi semburan api tadi merupakan pipa jalur utama, jadi yang terkena imbas cukup luas dan cukup banyak pelanggan yang tidak dapat mengunakan fasilitas gas sampai perbaikan selesai dilakukan," ujar Rahmat.

Baca: Api Menyembur di Sekitar Pipa PGN Palembang

Rahmat bilang, PGN juga telah menerjunkan Tim Penanggulangan Gangguan (TPG) untuk mengatasi persoalan tersebut.  “Kami tegaskan bahwa kebakaran bukan berasal dari pipa PGN namun dari bangunan bengkel yang berada dekat dengan lokasi pipa PGN. Tim sudah bergerak cepat dengan mematikan aliran gas di sekitar pipa yang rusak serta melokalisir kerusakan agar tidak meluas," urainya.

Rachmat menambahkan, tidak ada korban jiwa atas kejadian tersebut. Saat ini telah dilakukan sejumlah antisipasi perbaikan jalur pipa gas, agar penyaluran gas ke pelanggan yang terkena imbas, dapat kembali normal.


(ALB)