Gempa 3,3 SR Guncang Padangsidempuan

Budi Warsito    •    Selasa, 01 Aug 2017 13:44 WIB
gempa bumi
Gempa 3,3 SR Guncang Padangsidempuan
Ilustrasi gempa, MTVN

Metrotvnews.com, Padangsidempuan: Gempa berkekuatan 3,3 SR guncang wilayah Kota Padangsidempuan, Sumatera Utara, Selasa 1 Agustus 2017. Gempa tektonik itu terjadi di kedalaman 23 Km.

Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan, Edison Kurniawan, mengatakan guncangan berjenis tektonik. Gempa terjadi sekira pukul 11.39 WIB.

Berdasarkan data yang diperoleh dari BMKG, gempabumi terjadi di posisi episenter pada koordinat 1,40 LU dan 99,46 BT, tepatnya di darat pada jarak 21 km arah Timur Laut dari Padangsidempuan. Guncangan terasa di Padangsidempuan dan Aekgodang dengan intensitas gempabumi I SIG-BMKG (II MMI).

"Dari hasil observasi BBMKG Wilayah I Medan, gempabumi ini berada pada Zona Sesar Sumatera pada Segmen Angkola. Karakteristik sinyal gempabumi ini menunjukkan gempabumi tektonik. Dari kedalaman hiposenternya gempabumi ini merupakan jenis gempabumi tektonik dangkal pada lapisan kerak bumi," ujar Edison dalam keterangan persnya.

Ia mengimbau masyarakat tetap tenang dan tak terpengaruh isu yang tidak jelas. Warga di daerah pesisir pun diminta tak terpengaruh isu tsunami.


(RRN)