Kejati Sumut Buru Kakak Adik Kabur dari Sel

Farida Noris    •    Rabu, 02 Aug 2017 17:07 WIB
tahanan kabur
Kejati Sumut Buru Kakak Adik Kabur dari Sel
Abang Adik Kabur dari Sel Tahanan, Kejaksaan Terbitkan Surat DPO --MTVN/Farida--

Metrotvnews.com, Medan: Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumut menerbitkan surat Daftar Pencarian Orang (DPO) terhadap dua tahanan yang kabur dari sel tahanan Kantor Cabang Kejaksaan Negeri Pancur Batu. Kedua tahanan kasus pencurian yang merupakan abang-adik itu kabur dengan menjebol plafon sel.

"Kita sudah terbitkan surat DPO kedua tersangka atas nama Muhammad Yusuf dan Irwansyah. Keduanya merupakan kakak adik warga Aceh dan terlibat kasus pencurian spesialis rumah mewah," kata Kasi Penkum Kejati Sumut, Sumanggar, Rabu 2 Agustus 2017.

Sumanggar mengatakan, kasus tahanan kabur itu terjadi pada Selasa 1 Agustus 2017 sekitar pukul 13.00 WIB. Kejadian berawal saat personel Polsek Biru-biru melakukan penyerahan tahap dua tersangka dan barang bukti serta berkas perkara ke Kantor Cabang Kejaksaan Negeri Pancur Batu.

Keduanya lantas dijebloskan ke ruang tahanan sementara Kejaksaan. Tapi tiba-tiba, seorang tahanan kasus narkoba yang ada dalam sel itu berteriak memanggil petugas. Tahanan itu menyebutkan ada dua tersangka kabur. 

"Ternyata tahanan sudah kabur dengan merusak plafon dan lari ke belakang kantor. Saat itu sel memang tidak dijaga petugas," pungkasnya.

Menurut Sumanggar, kejaksaan telah berkordinasi dengan Polsek Deli Tua dan Pancur Batu untuk mencari kedua tersangka. Dia membantah kaburnya kedua tersangka lantaran kelalaian petugas. Kasus kaburnya kedua tahanan itu kini menjadi tanggungjawab Kejaksaan Negeri Pancur Batu.

"Informasi yang kita dapat, petugas dan jaksa yang menerima tahanan telah melakukan SOP. Jadi tidak ada kelalaian. Keduanya kabur karena keadaan sel nya yang tidak memungkinkan. Jaksa Penuntut Umum yang menangani kasus ini atas nama Dona Martinus dan Hamidah," terangnya.



(ALB)