Persiapan Pelindo I Hadapi Arus Mudik dan Balik Lebaran

Farida Noris    •    Rabu, 14 Jun 2017 12:01 WIB
mudik lebaran 2017
Persiapan Pelindo I Hadapi Arus Mudik dan Balik Lebaran
Petugas PT Pelindo I memonitor proses pandu kapal di Pelabuhan Belawan, Medan, Sumatera Utara -- ANT/Irsan Mulyadi

Metrotvnews.com, Medan: Pengguna layanan kapal laut diperkirakan meningkat jelang Lebaran. Guna mengantisipasi lonjakan penumpang, PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) melakukan persiapan dan pemantauan di delapan cabang pelabuhan untuk melayani angkutan mudik dan balik Idul Fitri 2017.

"Delapan cabang pelabuhan yang dimaksud, yaitu Pelabuhan Belawan, Sibolga, Gunung Sitoli, Tanjung Balai Asahan, Dumai, Tanjung Balai Karimun, Tanjung Pinang, dan Pelabuhan Tembilahan," kata Corporate Secretary Pelindo I Eriansyah di Medan, Sumatera Utara, Rabu 14 Juni 2017.

Eriansyah mengatakan, pihaknya telah melakukan pembenahan fasilitas pendukung di seluruh terminal penumpang milik Pelindo I. "Beberapa di antaranya perbaikan fasilitas gedung terminal penumpang, termasuk penyediaan garbarata di terminal penumpang Belawan, pemasangan automatic gate, penyediaan fasilitas video confrence untuk komunikasi, dan koordinasi dengan cabang pelabuhan serta instansi terkait," jelasnya.

Tak hanya itu, lanjut Eriansyah, Pelindo I juga menambah fasilitas shuttle bus dari Pelabuhan Belawan ke beberapa terminal bus di Medan. Posko terpadu pun disiapkan di setiap cabang pelabuhan untuk memantau kesiapan angkutan lebaran 2017/1438 H.

"Posko bersama ini beranggotakan Kesyahbandaran, Otoritas Pelabuhan PT Pelindo, Polri, TNI AL, Bea Cukai, karantina, imigrasi, dan kesehatan pelabuhan. Tim ini akan bertugas melakukan pemantauan kegiatan embarkasi dan debarkasi serta pemantauan bongkar muat barang," terangnya.

Menurut Eriansyah, tim pemantau juga akan melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait, kegiatan pusat pengendalian trafik, serta pusat informasi dan pelaporan. Penyelenggaraan Posko Terpadu dimulai pada 15 Juni 2017 hingga 11 Juli 2017.

"Kami juga memastikan keamanan dan keselamatan penumpang melalui koordinasi dengan pihak-pihak terkait serta mengantisipasi tindakan kriminal untuk mewujudkan zero accident pada Ramadan dan Idul Fitri tahun ini," tegas Eriansyah.

Saat ini, Pelindo I juga tengah melakukan penataan dan pembenahan di Pelabuhan Belawan. Penataan ini sebagai bagian dari program memodernisasi dan mengefektivitaskan pelayanan di pelabuhan.

"Saat ini Pelindo I sedang melakukan pembangunan Dedicated Terminal berupa Terminal CPO Antarpulau dan Car Terminal. Pembangunan Terminal CPO Antarpulau ini bertujuan menambah kapasitas bongkar muat CPO menjadi lebih besar," bebernya.


(NIN)