Mendikbud Sebut Pesta Adat Kahiyang-Bobby Jadi Perhatian Dunia

Farida Noris    •    Minggu, 26 Nov 2017 11:11 WIB
pernikahan kahiyang-bobby
Mendikbud Sebut Pesta Adat Kahiyang-Bobby Jadi Perhatian Dunia
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan menyapa anak-anak sekolah yang berjejer di jalan raya menyambut kirab budaya di resepsi unduh mantu pernikahan Kahiyang-Bobby di Medan, Minggu, 26 November 2017, MTVN - Farida Noris

Medan: Rangkaian pesta adat dan resepsi unduh mantu pernikahan putri Presiden RI Joko Widodo, Kahiyang Ayu-Bobby Nasution, mendapat sorotan internasional. Sebab, kegiatan adat ini menunjukkan Indonesia memiliki keberagaman budaya yang menarik.

Hal itu disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Muhadjir Effendy di Medan, Sumatera Utara, Minggu, 26 November 2017. Muhadjir mengatakan kegiatan budaya tersebut unik dan sangat bagus.

"Jadi, seluruh dunia memusatkan perhatiannya ke Medan dengan even ini," kata Muhadjir.

Budaya, lanjut Muhadir, menjadi cara untuk membangun karakter bangsa. Melalui kearifan lokal, kecerdasan bangsa jadi lebih terasah. 

"Jadi budaya diajarkan di sekolah untuk langkah konkret mengaktualisasikan budaya," lanjut Muhadjir.

Resepsi unduh mantu berlangsung di Medan. Acara dimulai dengan kirab budaya dari Medan International Convention Center menuju kawasan Bukit Hijau Regency. Rute ditempuh sejauh dua kilometer. Di Bukit Hijau Regency, yang merupakan kediaman Bobby, acara resepsi unduh mantu digelar. 

Bobby dan Kahiyang menggunakan kereta kencana menuju lokasi acara. Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana juga ikut dalam kegiatan tersebut.

Peserta kirab mengenakan baju tradisional dari berbagai provinsi di Indonesia. Bukan hanya itu, puluhan siswa SD juga mengenakan baju nusantara. Para siswa berderet rapi di pinggir jalan menyambut kirab kereta kencana yang digunakan Bobby dan Kahiyang. Mereka juga melambaikan bendera kepada Presiden dan Ibu Negara yang juga menaiki kereta.



(RRN)