MenPAN-RB: ASN Tidak Boleh Lambat

Alwi Alim    •    Kamis, 23 Nov 2017 12:43 WIB
pns
MenPAN-RB: ASN Tidak Boleh Lambat
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Asman Abnur -- MTVN/Alwi Alim

Palembang: Perbaikan kualitas dan mutu Aparatur Sipil Negara (ASN) terus dilakukan. Salah satunya dengan memperbaiki sistem rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dengan sistem tes terbuka.

"Dengan sistem (rekrutmen) yang kita pakai sekarang, (penerimaan CPNS) tidak bisa lagi dibantu oleh para pejabat, dibantu oleh backing-backingan. Sekarang yang bisa membantu adalah kemampuan, kapasitas para calon ASN," kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik (MenPAN-RB) Asman Abnur usai membuka kegiatan Sinergi Aksi Informasi dan Komunikasi Publik (SAIK) tingkat nasional di Palembang, Sumatera Selatan, Rabu, 22 November 2017.

Upaya lainnya yang dilakukan adalah memperbaiki pendidikan para ASN. Sehingga, para ASN betul-betul profesional.

Terakhir, menempatkan ASN sesuai dengan latar belakang pendidikan. "Dengan perbaikan ini, pelayanan publik semakin baik dan ini menjadi ciri khas ASN kita," ujar Asman.

Dengan berbagai perbaikan yang dilakukan, diharapkan citra ASN yang seringkali dinilai bekerja lambat dan belum efektif dapat berubah. "ASN tidak boleh lambat. Harus cepat dan efektif," tegasnya.


(NIN)