ATM Offline, Uang Menumpuk di Kantor Cabang

Alwi Alim    •    Selasa, 29 Aug 2017 16:11 WIB
gangguan atm
ATM Offline, Uang Menumpuk di Kantor Cabang
Kondisi normal terpantau di gedung Kantor Cabang Utama BCA Palembang. --MTVN/Alwi--

Metrotvnews.com, Palembang: Gangguan satelit Telkom 1 yang mengakibatkan sejumlah mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) offline berakibat pada penumpukan uang di kantor cabang. Uang yang biasa disebar dan disetor ke mesin ATM ditarik dan ditumpuk di mesin ATM kantor cabang.

"Ini merupakan suatu anomali, disaat ATM offline jadi kami tarik uangnya dan ditumpuk di ATM kantor cabang BCA," kata Kepala Kantor Cabang Utama BCA Palembang, Octovinus saat dihubungi Metrotvnews.com, Selasa, 29 Agustus 2017.

Meskipun beberapa ATM mengalami offline, namun aktivitas kantor cabang tetap berjalan normal dan tidak ada peningkatan. Artinya, masyarakat tidak terpengaruh dengan offlinenya ATM di beberapa lokasi seperti di mal dan lokasi lainnya.

Menurutnya saat ini ATM yang offline sudah berkurang dari semula 30 persen atau sekitar 240 ATM menjadi 20 persen atau sekitar 150 ATM. Dan ini menyebar di tiga daerah yakni Banyuasin, Musi Banyuasin dan juga Palembang.

"Untuk jumlah mesin ATM BCA di tiga daerah ini saya tidak tau persis tapi sekitar 15.000 mesin. Untuk di Palembang itu sekitar 248 ATM sedangkan yang offline sekitar 20 persen," terangnya.

Ia mengimbau masyarakat yang ingin bertransaksi untuk menggunakan ATM di kantor cabang atau anak kantor cabang. Selain itu nasabah juga bisa melakukan transaksi dengan mesin ATM yang bertanda prima.

"Kami belum dapat memastikan kapan akan beroperasi kembali untuk ATM di mal-mal. Tapi, silakan gunakan ATM di kantor cabang saja, atau bisa juga mesin ATM yang bertanda prima dan ini gratis, jadi tentunya tidak menganggu transaksi di beberapa mal," imbaunya.

Seperti diketahui, akibat gangguan satelit telkom, beberapa ATM di tiga bank yakni BCA, BNI dan Mandiri mengalami offline. Gangguan ini berlangsung sampai 10 September mendatang. 


(ALB)