Kerugian Banjir di Belitung Diperkirakan Mencapai Ratusan Miliar

Rendy Ferdiansyah    •    Selasa, 18 Jul 2017 11:28 WIB
banjir
Kerugian Banjir di Belitung Diperkirakan Mencapai Ratusan Miliar
Banjir yang melanda di Belitung Timur, Bangka Belitung memutus sejumlah jalan dan jembatan, Minggu (16/7/2017). (Media Indonesia/Rendy Ferdiansyah)

Metrotvnews.com, Belitung: Gubernur Provinsi Bangka Belitung. Erzaldi Rosman Djohan memprediksi kerugian akibat rusaknya sejumlah infrastruktur jalan dan jembatan pasca banjir di Belitung Timur dan Belitung. Minggu 16 Juli mencapai ratusan miliar.

"Ini baru perkiraan, kalau yang sudah saya alami waktu musibah banjir di Bangka Tengah, untuk banjir Belitung Timur ini, kerugian kita perkirakan mencapai 100 miliar,"kata Erzaldi.

Erzaldi bilang, kerugian mencapai ratusan miliar itu baru prediksi sementara, sebab sejumlah infrastruktur jalan dan jembatan yang rusak masih tergenang air, sehingga belum bisa dihitung untuk kepastiannya.

"Kita hanya memperkirakan kasat mata saja, kan infrastruktur yang rusak masih terendam air sehingga belum bisa di hitung kerugian pastinya,"ujarnya.

Erzaldi menyebutkan, musibah banjir Minggu kemarin menyebabkan Jembatan Air Madu Sampang Renggiang, Jembatan Bentaian Manggar rusak berat. Jembatan Baru Penyuk dan Selumar Gantung putus, Jembatan Buding Kelapa Kampit serta Penirokan putus. 

"Total jembatan yang rusak dan putus, pasca banjir Minggu kemarin sebanyak 7 jembatan, tersebar di beberapa kecamatan di Belitung Timur,"ungkap dia.

Sekarang sambung Erzaldi tim gabungan, TNI, Polri, BPBD, Tagana, Basarnas dan masyarakat masih bekerja, menangani permasalahan banjir di Beltim.

"Kepada masyarakat saya mohon sabar dan tabah ada cobaan ini, kita Pemerintah akan terus berupaya turun dan ikut membantu menanggulangi masalah banjir ini,"pinta erzaldi.


(ALB)