Medan Bakal Mengalami Suhu Ekstrem Selama Beberapa Hari ke Depan

Farida Noris    •    Selasa, 22 Aug 2017 16:24 WIB
cuaca ekstrem
Medan Bakal Mengalami Suhu Ekstrem Selama Beberapa Hari ke Depan
Ilustrasi -- MI/Anti

Metrotvnews.com, Medan: Medan diprediksi bakal mengalami suhu ekstrem selama beberapa hari ke depan. Potensi kebakaran pun menjadi ancaman.

"Hari ini suhu udara mencapai 35 detajat celcius pada siang hari dengan kecepatan angin 20 kilometer per jam. Makanya, pada siang hari di Medan begitu terik," kata Kabid Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan Syahnan, Selasa 22 Agustus 2017.

Menurut Syahnan, belum ditemukan hotspot atau titik panas meskipun cuaca begitu terik. Namun, masyarakat tetap diimbau waspada terjadinya kebakaran.

"Meski pada siang hari suhu udara panas, hujan masih berpeluang terjadi pada malam hari. Kita imbau masyarakat mengurangi aktifitas di luar mengingat cuaca begitu terik atau menggunakan masker jika bepergian ke luar," tambahnya.

Terpisah, Manager Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Medan Muhammad Yunus mengatakan, potensi kebakaran masih tinggi di Medan. Pada Januari-Agustus 2017, ada 81 kebakaran di Medan.

"Jumlah kebakaran paling tinggi terjadi pada Februari dengan 15 kasus dan Juli 12 kasus. Kita harap masyarakat Medan mewaspadai terjadinya kebakaran," pungkasnya.


(NIN)