Sempat Lumpuh 6 Jam, Jalur Padang-Solok Bisa Dilintasi

   •    Senin, 17 Oct 2016 10:00 WIB
longsor
Sempat Lumpuh 6 Jam, Jalur Padang-Solok Bisa Dilintasi
Foto ilustrasi. (Alat berat membersihkan material longsor yang menimbun jalan raya Padang - Jambi, di kawasan Pantai Cermin, Solok, Sumatera Barat, Jumat (1/4/2016). (Ant//Iggoy el Fitra)

Metrotvnews.com, Padang: Jalan yang menghubungkan Padang-Solok, Sumatera Barat, lumpuh selama enam jam, Senin, 17 Oktober. Material longsor menutup jalur di Kilometer 22, Kelurahan Indarung, Kecamatan Lubuk Kilangan, tepatnya di panorama II Padang.

Material longsor menutupi jalan sepanjang 20 meter, dengan ketinggian sekitar 4 meter. Ratusan kendaraan yang didominasi roda empat, terjebak macet sepanjang tiga kilometer. Baik dari jalur Padang menuju Solok, ataupun jalur Solok menuju Padang.

Longsor terjadi pada Minggu malam, pukul 21.00 WIB. Kepolisian memasang portal untuk menutup jalan sejak pukul 22.00 WIB, di Simpang Tugu Indarung, sekitar tujuh kilometer dari lokasi kejadian.

"Terpaksa ditutup di bawah, agar kendaraan tidak semakin banyak menuju lokasi dan menyebabkan penumpukan," kata Kanit Lantas Polsek Lubuk Kilangan Ipda Afriadi, dikutip Antara.

Pembersihan material longsor rampung dini hari tadi menggunakan alat berat milik Dinas Pekerjaan Umum, dan Unit Reaksi Cepat (URC) Semen Padang. "Kendaraan akhirnya bisa berjalan kembali. Penutupan jalan yang dilakukan
polisi juga sudah dibuka," tutur Afriadi. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.

Salah seorang pengendara, Rosmi, 38, mengaku terjebak macet di Simpang Tugu Indarung sejak Minggu malam pukul 23.00 WIB. Dia hendak munuju Kabupaten Sijunjung, dari Kota Padang. "Lega akhirnya jalan bisa dilewati kembali. Kasihan anak-anak sudah gelisah di mobil," katanya.


(SAN)