3 Kecamatan di Asahan KLB Demam Berdarah

Budi Warsito    •    Selasa, 13 Sep 2016 17:41 WIB
demam berdarah
3 Kecamatan di Asahan KLB Demam Berdarah
Ilustrasi. Foto: Antara/Maulana Surya

Metrotvnews.com, Kisaran: Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan menetapkan tiga kecamatan di Kabupaten Asahan berstatus Kejadian Luar Biasa (KLB) demam berdarah. Penetapan KLB dilakukan karena penderita demam berdarah di tiga kecamatan itu meningkat dalam dua bulan terakhir.

"Ketiga kecamatan itu antara lain Kecamatan Pulau Rakyat, Kecamatan Buntu Pane, dan Kecamatan Rahuning," ujar Kasi Pemberantasan Penanggulangan Penyakit (P2P), Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan, Saprin Sanja Hutahaean, saat ditemui, di Kantor Dinas Kesehatan Asahan Jalan Tusam, Kisaran, Selasa (13/9/2016).

Di Kabupaten Asahan, jumlah penderita demam berdarah dengue (DBD) pada 2016 meningkat dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Pada 2015 tercatat ada 174 pasien, sedangkan 2016 sebanyak 299 pasien. "Dan data ini belum final," ujar Saprin.

Saprin mengatakan penyebab meningkatnya pasien penderita DBD diduga karena perubahan iklim dan kebersihan lingkungan. "Selain itu, masyarakat masih belum disiplin menjalankan 3M Plus yang telah dianjurkan Dinas Kesehatan," kata dia.

Yang dimaksud 3M Plus adalah menguras, menutup, dan mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk penular demam berdarah. 

Sedangkan kata “Plus” adalah segala bentuk kegiatan pencegahan seperti menaburkan bubuk larvasida pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan, menggunakan obat nyamuk atau anti nyamuk, menggunakan kelambu saat tidur, memelihara ikan pemangsa jentik nyamuk, menanam tanaman pengusir nyamuk, mengatur cahaya dan ventilasi dalam rumah, serta menghindari kebiasaan menggantung pakaian di dalam rumah yang bisa menjadi tempat istirahat nyamuk.

 


(UWA)