Lahan di Samosir Terbakar saat Karnaval Danau Toba Dibuka

Budi Warsito    •    Sabtu, 20 Aug 2016 17:08 WIB
festival danau toba
Lahan di Samosir Terbakar saat Karnaval Danau Toba Dibuka
Asap hitam mengepul di Pulau Samosir saat karnaval Danau Toba dibuka, MTVN - Budi Warsito

Metrotvnews.com, Parapat: Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, tengah bersiap menyemarakkan Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba 2016. Namun kepulan asap yang berasal dari kebakaran lahan tampak di sekitar lokasi karnaval.

Sabtu sore 20 Agustus, warga melihat asap mengepul berasal dari Pulau Samosir yang berlokasi di tengah Danau Toba. Kepulan asap tampak beberapa jam sebelum karnaval dibuka sekira pukul 15.00 WIB.

Karnaval dibuka di Pantai Bebas Parapat, Simalungun. Tiba-tiba, warga melihat asap hitam mengepul dan membumbung tinggi.

"Iya benar, terjadi kebakaran lahan di Samosir," kata Kepala BPBD Samosir Jaingot Banjarnahor saat dihubungi, Sabtu (20/8/2016) sore. 

Jaingot mengatakan kebakaran lahan terjadi di Pangururan. Kebakaran terjadi sejak pagi tadi.

Jaingot mengatakan tengah mengupayakan pemadaman melalui udara dan darat. Namun petugas mengalami kesulitan sebab lahan yang terbakar berada di lereng tebing.

Selain itu, angin yang berembus kencang menjadi penghalang memadamkan api. Meski demikian upaya pemadaman terus dilakukan.

Kebakaran lahan tak mengganggu acara pembukaan karnaval di Pantai Bebas Parapat. Pengunjung terus berdatangan untuk menyaksikan berbagai kegiatan budaya, misalnya parade tarian masyarakat adat Batak.


(Tari adat masyarakat Batak membuka karnaval Danau Toba)


Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Sekda Pemprov Sumut Hasban Ritonga turut menghadiri acara pembukaan karnaval. Presiden Joko Widodo akan menghadiri acara puncak nanti malam.

Kebakaran lahan di Samosir bukan kali pertama. Pada Rabu 10 Agustus, kejadian serupa terjadi di Samosir. Menurut BPBD, semak belukar yang kering membuat lahan di Samosir mudah terbakar. 

Baca: BPBD: Lahan di Samosir Mudah Terbakar
 


(RRN)