Polda Bekuk Tersangka Kasus Pemerasan di Koperasi Pelabuhan Belawan

Budi Warsito    •    Selasa, 08 Nov 2016 17:26 WIB
pungutan liar
Polda Bekuk Tersangka Kasus Pemerasan di Koperasi Pelabuhan Belawan
Penangkapan tersangka - Ant - M Agung Rajasa

Metrotvnews.com, Medan: Polda Sumatera Utara mengamankan satu tersangka kasus pemerasan dan penipuan di Koperasi Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Pelabuhan Belawan. Tersangka bernama Mafrizal itu sempat masuk dalam daftar pencarian orang (DPO).

Kabid Humas Polda Sumut Kombes Rina Sari Ginting mengatakan tersangka menjabat sebagai Ketua Koperasi Upaya Karya TKBM Belawan. 

"Tersangka Mafrizal diantarkan oleh salah seorang tokoh Sumatera Utara, Senin sore 7 November kemarin ke Mako Brimob," kata Rina di Mapolda Sumut, Kota Medan, Selasa (8/11/2016).

Pemeriksaan awal berlangsung di Mapolda Sumut. Kemudian, penyidik membawa tersangka ke Jakarta untuk pemeriksaan lebih lanjut.

"Tadi pagi, Mafrizal diberangkatkan ke Jakarta," lanjut Rina.

Penangkapan Mafrizal merupakan tindak lanjut dari operasi tangkap tangan (OTT) di Kantor Koperasi TKBM Belawan pada Senin 31 Oktober. Dalam OTT, polisi menyita barang bukti berupa uang tunai Rp393 juta, slip pembayaran panjar 75 persen, surat perintah kerja, dokumen legalitas perusahaan, nota tagihan Primkop, kuitansi pelunasan, AD/ART koperasi, LPJ Koperasi TA 2013-2016, dan laporan pengeluaran koperasi. 

Tiga orang ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus Pemerasan, Penipuan, Tipidkor dan TPPU di Pelabuhan Belawan, Medan. Atas perbuatannya, para tersangka disangkakan Pasal 368 KUHP, Pasal 378 KUHP dan/ atau Pasal 335 KUHP dan Pasal 3, Pasal 4 dan Pasal 5 UU Nomor 8 Tahun 2010 tentang TPPU.


(RRN)