Hujan Hilangkan Titik Panas di Aceh

   •    Rabu, 23 Aug 2017 11:42 WIB
kebakaran lahan dan hutan
Hujan Hilangkan Titik Panas di Aceh
Ilustrasi Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Banda Aceh: Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut akibat diguyur hujan secara merata, belasan titik panas di Aceh padam.

"Pagi ini, terpantau nihil oleh satelit, padahal kemarin terdeteksi 17 titik panas di Aceh," kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Kelas I Blang Bintang Zakaria di Aceh Besar, Rabu 23 Agustus 2017.

Menurutnya, hujan terjadi secara merata di tujuh kabupaten di Aceh yang terpantau merupakan daerah penyebaran titik panas pada Selasa 22 Agustus pukul 20.00 WIB. Hujan dilaporkan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai kilat atau petir dan angin kecang terjadi pada dua kabupaten yakni Gayo Lues dan Aceh Tenggara.

Hujan meluas hingga ke wilayah terpantau oleh satelit Terra dan Aqua, merupakan daerah sentra penyumbang 17 titik panas di wilayah Aceh. Di Nagan Raya terpantau enam titik panas, di Aceh Barat terdapat lima titik, Aceh Selatan dan Pidie masing-masing dua titik panas.

"Memang hujan yang turun malam tadi, meluas ke Aceh Barat Daya. Baru di wilayah Aceh Selatan, Nagan Raya, Aceh Barat, dan sekitarnya hingga tengah malam (pukul 24.00 WIB)," terang Zakaria.

Deputi Bidang Meteorogi BMKG, Yunus S Swarinoto telah mengingatkan, wilayah Aceh perlu mewaspadai kemunculan titik panas akibat meningkatnya intensitas cuaca kering selama musim kemarau.

Berdasarkan peta potensi kemudahan kebakaran yang ditinjau dari unsur cuaca, katanya maka masih menunjukkan wilayah di Aceh sangat mudah terjadi kebakaran.

"Meski begitu, kondisi cuaca tidak akan menyebabkan terjadinya kebakaran lahan dan hutan. Jika tidak ada faktor manusia yang melakukan pembakaran," tegasnya. (Antara)



(ALB)