Kebakaran Lahan Membesar, Warga Aceh Barat Mengungsi

Nurul Fajri    •    Rabu, 26 Jul 2017 03:06 WIB
kebakaran lahan
Kebakaran Lahan Membesar, Warga Aceh Barat Mengungsi
Ilustrasi

Metrotvnews.com, Meulaboh: Kebakaran lahan gambut yang berada di kawasan Desa Suak Raya, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat hingga Selasa 25 Juli 2017 melam terus membesar. Hal tersebut membuat dua kepala keluarga yang tinggal di dekat titik api terpaksa mengungsi.

Zainuddin, Kepala Desa Suak Raya mengatakan kebakaran sudah terjadi sejak pagi hari. Titik api yang semula kecil, pukul 19.30 wib tiba-tiba membesar dan mulai menjalar ke rumah warga yang berada 100 meter dari sumber kebakaran.

"Tadi api terus membesar, sehingga pemilik rumah dan warga bersama-sama mengeluarkan seluruh isinya," ujar Zainuddin pada Metrotvnews.com.

Rumah yang berada tidak jauh dari kobaran api masing-masing milik Abu Nyak Man (70) dan Salbiah (35). Hingga saat ini dua kepala keluarga tersebut memilih mengungsi ke tempat yang lebih aman dengan membawa serta barang-barang milik mereka.

Petugas kepolisian resor Aceh Barat sudah menurunkan 60 personel untuk membantu memadamkan kobaran api tersebut. Petugas juga mengerahkan satu unit mobil water canon dibantu dua unit mobil pemadam kebakaran dari BPBD Aceh Barat.

"Kami mendapat laporan dari warga api terus membesar dan mendekati rumah penduduk, langsung kami turunkan water canon untuk pemadaman, 60 personel dan dibantu dua armada kebaran dari BPBD,” kata AKBP Teuguh Priyambodo Nugroho, Kapolres Aceh Barat yang ikut turun langsung melakukan pemadaman kebaran lahan.

Begitu juga petugas gabungan TNI/Polri dan BPBD yang terus berupaya melakukan pemadaman di tiga titik api besar yang berada di lahan gambut. Kobaran api yang mendekati pemukiman penduduk saat ini belum berhasil di padamkan.

Menurut data dari BPBD Aceh Barat, jumlah lahan gambut dan hutan yang terbakar di wilayah ini sudah mencapai 69 hektar dan tersebar di enam kecamatan.


(SCI)