Polisi akan Tindak Takbir Keliling dengan Mobil Bak Terbuka

Alwi Alim    •    Rabu, 21 Jun 2017 17:10 WIB
malam takbir
Polisi akan Tindak Takbir Keliling dengan Mobil Bak Terbuka
Foto ilustrasi. (Media Indonesia/Ramdani)

Metrotvnews.com, Palembang: Warga di sebagian besar Indonesia kerap merayakan malam Idulfitri dengan takbir keliling. Tak terkecuali warga Palembang, Sumatera Selatan.

Namun, tahun ini Polresta Palembang mengimbau agar warga bertakbir di wilayah masing-masing, tanpa keliling. Sebab, konvoi takbiran keliling rawan tindak kriminal dan kecelakaan. 

Apalagi, warga kerapkali menumpang kendaraan angkutan barang. Mobil bak terbuka, kata Kapolresta Palembang, Kombes Wahyu Bintono Hari Bawono, tidak diperuntukkan mengangkut orang.

“Jika kedapatan angkutan barang digunakan untuk konvoi takbiran, kami tidak segan-segan untuk menindak dan menangkapnya,” ujarnya, di Polresta Palembang, Rabu, 21 Juni 2017.

Dia menghimbau agar takbiran dilakukan di masjid supaya khusyuk dan nyaman.

Saat ini, sambung Wahyu, pihaknya telah mendirikan 14 pospam, 5 pos pelayanan, 27 pos catur dan 1 pos terpadu dengan total anggota yang disebar sebanyak 160 anggota Polresta Palembang.

“Kami juga akan melakukan sistem buka tutup arus lalu lintas Jembatan Ampera secara situasional pada salat id. Tapi, untuk saat ini kami tengah merancang rekayasa lalu-lintas,” tandasnya.


(SAN)