Irwandi Yusuf Resmi Jabat Gubernur Aceh

Nurul Fajri    •    Rabu, 05 Jul 2017 15:07 WIB
aceh
Irwandi Yusuf Resmi Jabat Gubernur Aceh
Gubernur Aceh Irwandi Yusuf dan Wakil Gubernur Aceh Nova Iriansyah -- ANT/Ampelsa

Metrotvnews.com, Banda Aceh: Irwandi Yusuf resmi menjabat sebagai gubernur Aceh periode 2017-2022. Ini kedua kalinya mantan ahli propaganda Gerakan Aceh Merdeka (GAM) ini memimpin Serambi Makkah.

Pria yang akrab disapa Teuku Agam ini menggandeng Nova Iriansyah sebagai wakilnya. Keduanya dilantik Menteri Dalam Negeri Thahjo Kumolo di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA), Rabu 5 Juli 2017.

Usai dilantik dan mengucapkan sumpah jabatan, Irwandi berterima kasih pada masyarakat Aceh yang kembali mempercayainya sebagai gubernur. Kesempatan kedua ini akan dijalankannya dengan penuh amanah untuk bisa memajukan Aceh lebih bermartabat dan sejahtera.

"Hari ini saya berdiri di sini untuk menyatakan menerima jabatan ini. Aceh masih butuh perubahan," kata Teuku Agam saat memberikan sambutan di hadapan ribuan tamu undangan.

(Baca: Presiden Ucapkan Selamat pada Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh)

Teuku Agam mengatakan, ada beberapa program yang telah disusun untuk lima tahun ke depan. Salah satunya, ia menargetkan menurunkan angka kemiskinan Aceh di bawah rata-rata nasional. Program lainnya adalah peningkatan komoditas tani dan hasil laut Aceh serta peningkatan sumber daya manusia dengan pendidikan moral berbasis Islam.

Menurut Teuku Agam, memimpin Aceh dalam lima tahun ke depan menjadi tanggung jawab yang berat. Oleh karena itu, dia meminta dukungan segenap elemen masyarakat Aceh dan pemerintah pusat.

"Amanah ini saya pikul dan siap jadi pelayan seluruh rakyat Aceh," tuturnya.

Usai pelantikan, Teuku Agam telah menyiapkan kenduri untuk seluruh relawan, pendukung, dan masyarakat Aceh. Kenduri digelar di Taman Ratu Safiatuddin yang berjarak empat kilometer dari tempat pelantikan dirinya.

 


(NIN)