Tujuh Calon Haji Batam Ditunda Keberangkatannya ke Tanah Suci

Anwar Sadat Guna    •    Jumat, 04 Aug 2017 18:26 WIB
haji 2017
Tujuh Calon Haji Batam Ditunda Keberangkatannya ke Tanah Suci
Ilustrasi. Foto: MI/Adam Dwi

Metrotvnews.com, Batam: Sebanyak tujuh calon haji Embarkasi Batam ditunda keberangkatannya ke Tanah Suci Makkah. Empat di antaranya sakit dan tiga orang lainnya merupakan pendamping.

Ketujuh calaj tersebut, masing-masing berasal dari Kloter 1: tiga orang (dua sakit dan satu orang pendamping; Kloter 4: satu jemaah sakit dan satu pendamping; Kloter 5: satu jemaah sakit dan satu pendamping. 

"Ada di antara mereka yang suami istri. Karena istrinya sakit maka suami sebagai pendamping juga menunda keberangkatannya," ungkap Sekretaris Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Batam, Subadi saat ditemui Metrotvnews.com, Jumat, 4 Agustus 2017.

Ia menjelaskan, empat calhaj diketahui sakit setelah menjalani pemeriksaan kesehatan tahap tiga atau tahap lanjut di Asrama Haji Batam. Pemeriksaan tahap 1 dan 2 dilakukan di daerah asal jemaah haji.

Pemeriksaan tahap tiga ini, kata Subadi, untuk mengetahui laik atau tidaknya calon haji tersebut berangkat ke Tanah Suci. "Kami mempelajari buku rekam medik setiap jemaah. Saat tiba di sini (Asrama Haji Batam) kami lakukan pemeriksaan lagi. Dan ada tujuh jemaah yang kami tunda keberangkatannya," ujarnya.

Dari keempat calon haji tersebut, sambung Subadi, seorang di antaranya dirujuk ke Rumah Sakit Otorita Batam (RSOB) dan seorang lainnya berada di ruang isolasi untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut. 

"Sesuai hasil pemeriksaan, calon haji tersebut mengidap TBC sehingga perlu perawatan lebih lanjut. Saat ini berada di ruang isolasi. Jika kondisinya nantinya membaik dan ada perkembangan, jemaah bersangkutan dapat diberangkatkan," ujarnya.

Subadi menambahkan, petugas PPIH Embarkasi Batam terus memantau perkembangan kondisi kesehatan keempat calhaj tersebut. 

"Bagi yang dirawat di RSOB jika nantinya diizinkan rawat jalan maka dapat menjalani masa pemulihan di Asrama Haji. Jika sudah membaik maka bisa diberangkatan gabung dengan kloter lainnya," paparnya. 

Muhammad Dong, calon haji asal Pelalawan mengaku bersyukur bisa berangkat menunaikan ibadah haji tahun ini. Seluruh tahapan, mulai kelengkapan dokumen berupa paspor, visa, dan pemeriksaan kesehatan telah ia lalui. 

"Alhamdulilah semua tahapan kami sudah lalui. Hasil pemeriksaan kesehatan juga bagus. Kami siap menunaikan ibadah haji," kata Muh Dong yang akan berangkat ke Tanah Suci bersama istrinya, Jumiati yang tergabung di Kloter 7. 

Calon haji lainnya, Suyanto, 50, juga mengaku secara fisik siap menunaikan ibadah haji tahun ini. "Kami bersyukur dapat berangkat menunaikan ibadah haji tahun ini. Semoga semuanya berjalan lancar," kata Suyanto. Ia juga berangkat menunaikan ibadah haji bersama istrinya, Sukinem. Keduanya tergabung dalam kloter 6.



(ALB)