Tiga Petani Ditangkap karena Bakar Lahan

Alwi Alim    •    Selasa, 08 Aug 2017 16:44 WIB
kebakaran lahan dan hutan
Tiga Petani Ditangkap karena Bakar Lahan
Rapat koordinasi pencegahan Karhutla di BPBD Sumsel. (Metrotvnews.com/Alwi Alim)

Metrotvnews.com, Palembang: Status tersangka disematkan pada tiga petani di Sumatera Selatan. Mereka ditangkap karena dinilai membakar lahan yang menyebabkan kebakaran hutan. 

Kabag Pembinaan Pelatihan Operasional (Binlatops) Polda Sumsel, AKBP Adi Herpaus mengatakan, berkas salah satu tersangka dinyatakan lengkap alias P21. Satu tersangka itu disangka membakar lahan di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI). Sementara dua tersangka lainnya ditangkap di Kabupaten Ogan Ilir. 

"Mereka (para tersangka) ditangkap terpisah," kata Adi usai rapat koordinasi pencegahan karhutla di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel, Palembang, Selasa, 8 Agustus 2017. 

Ketiganya ditangkap atas laporan warga. Polisi menangkap mereka beserta barang bukti korep api dan jeriken. 

Dalam pemeriksaan, ketiga tersangka mengaku membakar lahan milik mereka sendiri. "Saat ini kami belum bisa membuktikannya, apakah memang benar lahan mereka atau bukan. Saya juga tidak begitu ingat luasan lahan yang dibakar," terangnya. 

Pelaksana tugas (Plt) BPBD Sumsel, Iriansyah, mengatakan, sejauh ini pihaknya belum menerima laporan berapa total luasan lahan yang terbakar akibat Karhutla. Namun, hal itu bukan persoalan karena pihaknya fokus pada pemadaman dahulu. 

"Kami fokus pemadaman dulu. Mungkin nantinya baru dihitung luasan lahan yang terbakar," katanya. 


(SAN)