Kebakaran Lahan Sawit di Pasaman Barat Dipadamkan

   •    Sabtu, 05 Aug 2017 12:29 WIB
kebakaran lahan dan hutan
Kebakaran Lahan Sawit di Pasaman Barat Dipadamkan
Ilustrasi Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Simpang Empat: Tim gabungan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) memadamkan api di dua titik lahan kelapa sawit yang terbakar sejak Senin, 31 Juli 2017.

"Tim gabungan BPBD, TNI, Polri dan masyarakat berhasil memadamkan api di dua titik kebakaran lahan di Pasaman Barat," kata Sekretaris BPBD Pasaman Barat, Haljeki Saputra di Simpang Empat, Sabtu 5 Agustus 2017.

Ia menambahkan, meski api sudah dinyatakan padam namun tim tetap melakukan pemantauan karena dikhawatirkan api kembali menyala. Ia menyebutkan sejak Senin 31 agustus sore tim gabungan kembali disibukkan dengan munculnya api di lahan perkebunan kelapa sawit milik kelompok tani di Kecamatan Sungai Aur.

Kemudian dengan waktu bersamaan titik api kembali muncul di lahan masyarakat di kawasan Jorong Salido Nagari Ujung Gading.

Setelah berupaya keras, tim gabungan berhasil memadakan api di titik pertama pada Selasa 1 Agustus . Sementara itu untuk lokasi titik kedua baru bisa dipadamkan pada Kamis 3 Agustus dan Jumat 4 Agustus setelah tim gabungan menurunkan sejumlah pompa air dan ratusan personil gabungan.

Menurutnya api bisa dikendalikan setelah tim gabungan bekerja keras selama empat hari. Sulitnya air dan luasnya lahan membuat tim kewalahan saat memadamkan api. Namun berkat kerja sama akhirnya api seluruh lahan berhasil di padamkan.

Ia menjelaskan hingga saat ini BPBD belum bisa memastikan berapa kerugian materil akibat kebakaran. Namun untuk sementara terdapat sekitar empat puluh hektare lahan perkebunan sawit masyarakat hangus terbakar dan dinyatakan masuk kategori rusak berat.

Ia mengimbau masyarakat Pasaman Barat agar berhati-hati dan tidak melakukan pembakaran lahan atau sampah secara sembarangan.

Apalagi di area perkebunan atau permukiman yang rawan terjadi kebakaran. Sebab saat ini musim kemarau sangat rawan terjadinya kebakaran akibat kelalaian manusia. (Antara)


(ALB)