Dishub Aceh Cek Kelaikan Angkutan Mudik

Nurul Fajri    •    Selasa, 13 Jun 2017 21:08 WIB
mudik lebaran 2017
Dishub Aceh Cek Kelaikan Angkutan Mudik
: Petugas Dinas Perhubungan Aceh memeriksa kondisi bus umum antar provinsi dan kabupaten saat melakukan sidak di terminal Batoh, Banda Aceh, Selasa (13/6). --Antara/Ampelsa--

Metrotvnews.com, Banda Aceh: Dinas Perhubungan Provinsi Aceh melakukan pengecekan kelaikan angkutan lebaran 2017. Pengecekan tersebut dilakukan selama tiga hari mendatang untuk mendukung keamanan dan keselamatan masyarakat jelang mudik lebaran Idulfitri 1438 Hijriah, 

Kepala Seksi Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Dishub Aceh, Husaini mengatakan pengecekan angkutan ini dilakukan untuk menghindari tingkat kecelakaan lalu lintas di jalur mudik Banda Aceh-Medan. Ramp check tersebut, katanya dilakukan terhadap 4.000 angkutan lebaran baik AKAP dan AKDP yang telah tersedia untuk mengangkut penumpang jelang lebaran 2017 ini.

Adapun kegiatan ramp check dilaksanakan di Terminal bus Batoh dan Terminal AKDP Luengbata. Pengecekan yang dilakukan meliputi pengecekan rem, ban, lampu, juga kelengkapan surat-surat kendaraan.

"Sehingga bus yang dilabelkan laik jalan angkutan lebaran 2017 itu sudah cukup dan sudah bisa melayani angkutan lebaran tahun ini," terang Husaini pada Metrotvnews.com, Selasa 13 Juni 2017.

Dia mengungkapkan belum tentu semua angkutan umum yang tersedia laik jalan. Jika ditemukan angkutan yang tidak lolos ramp check, Dishub akan mengambil tindakan tegas pada angkutan tersebut.

Selain itu pihaknya juga sudah menyiapkan 28 pos terpadu lebaran di 23 kabupaten/kota di Aceh. Pos tersebut disediakan di setiap terminal yang melintasi jalur mudik 2017. Sementara itu, puncak arus mudik diperkirakan akan terjadi pada H-4 hingga H+5 lebaran.



(ALB)