Empat Jenazah Korban Kapal Tenggelam di Tanjungpinang Ditemukan

Anwar Sadat Guna    •    Senin, 22 Aug 2016 10:24 WIB
kapal tenggelam
Empat Jenazah Korban Kapal Tenggelam di Tanjungpinang Ditemukan
Tim penyelam dari marinir Lantamal IV Tanjungpinang mencari korban kapal tenggelam, MTVN - Anwar Sadat Guna

Metrotvnews.com, Tanjungpinang: Tim gabungan menemukan empat jenazah korban kapal tenggelam di perairan Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri). Satu korban lain masih dalam pencarian. 

Kepala Dinas Penerangan (Kadipenal) Lantamal IV Tanjungpinang Mayor Josdy mengatakan, tim menemukan keempat jenazah secara berurutan mulai pukul 05.30 hingga pukul 08.00, Senin 22 Agustus. Lokasi penemuan jenazah bergeser dari titik kapal tenggelam.

"Satu korban ditemukan di sekitar Pulau Paku, dua korban ditemukan sekitar setengah mil dari lokasi kejadian, dan satu korban lagi ditemukan sekira 200 meter dari TKP," kata Josdy.

Tim lalu membawa keempat jenazah ke RSAL Dr Midiyato untuk identifikasi.

Hingga berita ini dimuat, tim menemukan 16 korban kapal tenggelam. Dua di antara korban ditemukan selamat.

Josdy menambahkan, pencarian masih berlangsung. Tim memperluas area pencarian ke arah barat daya, selatan, dan timur. Tim juga mengerahkan satu helikopter untuk pencarian lewat udara.

"Heli masih berputar-putar di udara untuk ikut melakukan pencarian," ujarnya.

Kapal yang membawa 17 penumpang dan nahkoda itu tenggelam di perairan Tanjungpinang pada Minggu 21 Agustus sekira pukul 10.30 WIB. Kapal sedianya berangkat menuju Pulau Penyengat yang berjarak sekira 2 mil dari Tanjungpinang. 

Kepala BPBD Tanjungpinang Agustiawarman mengatakan, ombak tinggi dan angin kencang menghantam kapal. Air laut masuk hingga kapal tenggelam.

"Cuaca pagi (saat kejadian) terjadi hujan lebat disertai angin kencang," ujarnya. 

Agustiawarman mengatakan proses identifikasi masih berlangsung. Delapan korban tewas sudah diidentifikasi. Sementara dua korban yang selamat yaitu Resty, 26 dan nakhoda kapal yakni Said, 36.


(RRN)