Dua Desa di Langkat Terisolasi Akibat Banjir

Farida Noris    •    Selasa, 20 Sep 2016 19:46 WIB
banjir
Dua Desa di Langkat Terisolasi Akibat Banjir
Ilustrasi. Foto: Antara/Septianda Perdana

Metrotvnews.com, Langkat: Ratusan rumah warga di Desa Batu Malenggang dan Desa Cempa, Kecamatan Hinai, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, dikepung banjir. 

Banjir berketinggian mencapai setengah meter itu disebabkan curah hujan yang tinggi disertai meluapnya air Sungai Batang Serangan. Lokasi banjir terparah terletak di Dusun 8 karena berada di pinggir Sungai Batang Serangan. 

"Kami sedang mendata berapa banyak rumah warga yang terendam," kata Camat Hinai, Muhammad Nawawi, di Hinai, Langkat, Selasa (20/9/2016).

Menurut Nawawi, di dua desa itu ada pintu air, tetapi sudah lama tidak berfungsi. Jika pintu air tidak secepatnya dibuka, maka ketinggian air diperkirakan semakin parah.

"Kita harap instansi terkait bisa secepatnya membuka pintu air agar air bisa dipompa keluar. Volume air Sungai Batang Serangan juga tinggi sementara air laut sekarang ini sedang pasang, jadi air tidak bisa keluar," ujarnya.

Banjir di Kecamatan Hinai itu sudah dua kali terjadi selama sepekan terakhir. Sebelumnya, banjir juga melanda kawasan itu dan merendam perumahan warga maupun areal persawahan.


(UWA)