Menteri Rini Minta Waskita Tanggung Jawab

Alwi Alim    •    Jumat, 04 Aug 2017 16:39 WIB
proyek lrt
Menteri Rini Minta Waskita Tanggung Jawab
Menteri BUMN Rini Soemarno saat meninjau proyek LRT di Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan, Jumat, 4 Agustus 2017. (Metrotvnews.com/Alwi Alim)

Metrotvnews.com, Palembang: Dua kali kecelakaan kerja pada proyek light rail transit (LRT) disayangkan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno. Dia menganggap proyek tersebut kurang kontrol. 

"Kami harap hal ini tidak terjadi lagi," kata Menteri Rini saat mengunjungi proyek LRT di Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan, Jumat, 4 Agustus 2017. 

Baca: Dua Rumah Tertimpa Steel Box LRT di Palembang

Dia memastikan PT Waskita Karya, selaku kontraktor, akan memberikan santunan kepada korban. "Ini otomatis akan menjadi tanggung jawab Waskita," terangnya. 

Sementara itu, Kepala Proyek Waskita Karya, Mashudi Jauhari mengatakan pihaknya sudah banyak memberikan imbauan agar pekerja mengutamakan keselamatan. Namun, mungkin ada faktor lain seperti kondisi malam dan lain sebagainya. 

Dia mengaku akan mengevaluasi jam kerja proyek. Tujuannya untuk meminimalkan tingkat kecelakaan. Hanya saja, pengerjaan proyek pada siang hari juga terbentur dengan aktivitas lalu lintas di sekitarnya.

"Artinya sampai jam berapa jika dikerjakan malam, karena kalau siang akan ada kendaraan sehingga tentu akan mengganggu arus lalu lintas," katanya. 

Kecelakaan kerja terjadi dalam waktu berdekatan. Jumat dini hari, dua pekerja tewas setelah terjatuh dari ketinggian 12 meter. Tiga hari sebelumnya, penyangga rel jatuh menimpa rumah warga.

Mashudi memastikan pihaknya akan memperbaiki rumah warga yang tertimpa material proyek tersebut. (Baca: Proyek LRT Palembang Kembali Makan Korban

"Tunggu pengerjaan LRT selesai baru akan diperbaiki, tapi untuk sementara akan dipindahkan dahulu dan ini menjadi tanggung jawab Waskita," tuturnya.


(SAN)