Ribuan Penduduk Terdampak Hujan Abu Vulkanik Sinabung

Farida Noris    •    Rabu, 02 Aug 2017 17:43 WIB
gunung sinabung
Ribuan Penduduk Terdampak Hujan Abu Vulkanik Sinabung
Foto Istimewa BPBD Sumut

Metrotvnews.com, Medan: Ribuan penduduk terdampak langsung dari hujan abu vulkanik akibat letusan Gunung Sinabung, Rabu 2 Agustus 2017. Berdasarkan catatan, hingga pukul 12.01 WIB sebanyak 19 kali erupsi telah terjadi.

"Aktifitasnya masih tinggi. Hari ini, hingga pukul 12.01 WIB siang, kita mencatat Gunung Sinabung mengalami erupsi besar hingga 19 kali," kata Kepala Pos Pemantau Gunung Sinabung Armen Putra.



Armen menyebutkan tidak ada korban jiwa. Namun hujan abu menyebar di beberapa tempat seperti di Desa Perbaji, Sukatendel, Temberun, Perteguhen, Kuta Rakyat, Simpang Empat, Tiga Pancur, Selandi, Payung, dan Kuta Gugung. 

"Erupsi dibarengi dengan semburan awan panas. Abu vulkanik juga sangat tebal. Kalau untuk guguran, terjadi terus menerus. Kita mencatat ada sebanyak 19 kali guguran sudah terjadi," jelasnya.

Lanjutnya, kali ini jarak luncur awan panas tercatat paling jauh 4.500 meter ke arah Tenggara-Timur dan tinggi kolom abu paling jauh 4.200 meter. Angin mengarah ke Selatan- Tenggara serta lama gempa 553 detik disertai suara dentuman.

"Kita imbau masyarakat tidak terlalu banyak aktifitas di luar. Selain itu menggunakan masker, jika bepergian. Karena debu dari erupsi Sinabung cukup tebal," urainya.





(ALB)