Dua Pelabuhan Domestik Baru di Batam Siap Hadapi Mudik Lebaran

Anwar Sadat Guna    •    Selasa, 13 Jun 2017 17:33 WIB
mudik lebaran 2017
Dua Pelabuhan Domestik Baru di Batam Siap Hadapi Mudik Lebaran
Pelabuhan Domestik Sekupang, Kota Batam, siap digunakan melayani arus mudik lebaran tahun ini.

Metrotvnews.com, Batam: Dua pelabuhan domestik di Batam, Pelabuhan Domestik Sekupang dan Telaga Punggur akan dioperasikan secara terbatas menghadapi arus mudik Lebaran 2017. Beberapa fasilitas di dua pelabuhan itu masih akan dilengkapi.

"Kami segera mengoperasikan kedua pelabuhan domestik ini. Khusus Pelabuhan Domestik Sekupang akan soft opening pada 15 Juni 2017 atau H-10 Lebaran," kata Deputi III Bidang Pengusahaan Sarana Usaha BP Batam RC Eko Santoso Budianto, saat ditemui di Pelabuhan Domestik Sekupang, Selasa, 13 Juni 2017.

Ia optimis dua pelabuhan domestik di Batam dapat digunakan untuk melayani arus mudik lebaran tahun ini. "Untuk tahap awal, pengoperasian kedua pelabuhan ini masih terbatas pada lantai 1. Lantai 2 dan 3 segera menyusul setelah seluruh fasilitas terpasang," kata RC Eko.

Meski masih ada beberapa fasilitas yang harus dilengkapi, pihaknya meyakini pelayanan terhadap penumpang arus mudik Lebaran tidak akan terganggu. "Yang kami antisipasi saat ini soal kemacetan lalu lintas, terutama di Pelabuhan Domestik Telaga Punggur karena lokasinya agak menanjak," ujarnya. 

BP Batam akan berupaya mencari solusi agar kendaraan yang menuju pelabuhan tidak menumpuk di tepi jalan saat parkir dan dapat langsung mengisi tempat parkir yang ada di sekitar pelabuhan. 

"Kalau kendaraan, terutama mobil pada berhenti di depan jalan masuk pelabuhan, bisa dipastikan akan terjadi kemacetan," jelasnya. 

Ruas jalan menuju Pelabuhan Telaga Punggur terbilang padat. Di kawasan ini, selain ada pelabuhan domestik, juga terdapat pelabuhan roll on-roll off (ro-ro), termasuk beberapa industri. "Saat ini kami lagi bikin simulasi pengaturan arus lalu lintas yang mengarah ke Pelabuhan Domestik Telaga punggur," tambahnya. 

Nasrul, Staf Ahli Deputi III BP Batam, menambahkan, saat ini masih ada beberapa fasilitas yang akan dipasang di dua pelabuhan domestik yang ada di Batam. Fasilitas tersebut, di antaranya lift barang dan tempat pembuangan sampah. 

"Untuk fasilitas lainnya sudah terpasang, di antaranya; air conditioner (ac), lift penumpang, eskalator, kursi di terminal keberangkatan, ruang VIP, dan beberapa fasilitas lainnya," kata Nasrul. Pihaknya berharap, kedua pelabuhan domestik tersebut bisa digunakan melayani penumpang arus mudik lebaran. 

Sekadar diketahui, Pelabuhan Domestik Sekupang melayani rute keberangkatan kapal-kapal feri menuju Tanjungbalai Karimun, Tanjungbatu, Moro (Provinsi Kepri) dan Selatpanjang, Buton, Dumai, dan Tembilahan (Provinsi Riau).

Sedangkan Pelabuhan Domestik Telaga Punggur melayani rute keberangkatan kapal-kapal feri menuju Kota Tanjungpinang, Dabo, Singkep (Kabupaten Lingga), dan Tanjunguban (Kabupaten Bintan). 



(ALB)