Sumsel Belum Mampu Terapkan 60 Persen APBD untuk Infrastruktur

Alwi Alim    •    Jumat, 27 Oct 2017 16:06 WIB
rapbn 2018
Sumsel Belum Mampu Terapkan 60 Persen APBD untuk Infrastruktur
Ilustrasi. MI/Galih Pradipta.

Metrotvnews.com, Palembang: Presiden RI Joko Widodo menginstruksikan pemerintah daerah untuk mengalokasikan 60 persen Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk infrastruktur. Namun, instruksi tersebut tak dapat dilakukan di Sumsel.

Gubernur Sumsel, Alex Noerdin mengaku banyak dana yang dibutuhkan untuk Sumsel seperti berobat gratis, sekolah gratis dan lain sebagainya. Sehingga, belum mampu mengalokasikan 60 persen APBD untuk infrastruktur.

Ia menjelaskan, sebenarnya instruksi presiden itu bukan mengalokasikan 60 persen APBD untuk infrastruktur. Tapi, fokus dalam membangun infrastruktur. Misal, Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga  tidak terlalu banyak membangun, tapi sedikit saja namun harus selesai.

"Jadi intinya instruksi presiden itu fokus dalam pembangunan," katanya.

Meskipun APBD belum terfokus untuk infrastruktur, namun Sumsel mampu menggaet dana pihak ketiga dan juga APBN untuk pembangunan infrastruktur di Sumsel seperti LRT dan lain sebagainya. 

"LRT ini dananya mencapai Rp10 triliun-an belum lagi jalan tol dan lain sebagainya," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sumsel, Ekowati Retnaningsih belum dapat memastikan apakah Pemprov mampu mengalokasikan 60 persen APBD untuk infrastruktur pada 2018 mendatang. Hal itu lantaran, APBD 2018 masih dalam tahap penyusunan anggaran.

Namun, pihaknya tengah berupaya agar instruksi tersebut dapat dilakukan. Untuk tahun 2017, ia mengaku lupa besaran APBD Sumsel serta alokasi untuk infrastruktur.

"Saya tidak ingat berapa besaran APBD dan alokasinya," singkatnya.


(ALB)