Tuntut Dana Relokasi Erupsi Sinabung, Seorang Demonstran Meninggal

Farida Noris    •    Selasa, 18 Oct 2016 14:32 WIB
unjuk rasa
Tuntut Dana Relokasi Erupsi Sinabung, Seorang Demonstran Meninggal
Ratusan masyarakat korban erupsi Gunung Sinabung asal Desa Gurukinayan Kecamatan Payung mendatangi Kantor Bupati Karo. (Foto: MTVN/Farida Noris)

Metrotvnews.com, Karo: Seorang demonstran meninggal saat berunjuk rasa menuntut dana relokasi erupsi gunung Sinabung di kantor Bupati Karo, Sumatera Utara, Selasa (18/10/2016).

Korban yang diketahui bernama Sartono Sembiring, 61, terjatuh dan pingsan. Korban kemudian dibawa ke RSU Ester Kabanjahe, namun meninggal saat dalam perjalanan.

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Rina Sari Ginting mengatakan, demonstrasi awalnya berjalan damai. Namun kemudian terjadi saling mendorong antara warga dengan Satpol PP. Korban yang saat itu ada di barisan pengunjukrasa jatuh pingsan.

"Ada sekitar 300 warga yang melakukan aksi unjukrasa di depan Kantor Bupati Karo. Karena pihak BPBD Karo belum bisa mencairkan dana itu, maka menimbulkan kemarahan warga, sehingga terjadilah insiden itu," jelas Rina.

Bahkan aksi massa semakin tak terkendali. Massa yang marah kemudian merusak Kantor Bupati Karo. Mereka melempari gedung dan mengakibatnya pintu kaca kantor pecah setelah dilempar dengan pot bunga.

"Polisi tengah mengantisipasi aksi massa agar tidak semakin memanas. Saat ini warga Gurukinayan masih bertahan di Kantor Bupati Karo. Personel kepolisian juga telah diturunkan," pungkasnya.


(MEL)