25 Hektare Lahan di OKI Terbakar

Alwi Alim    •    Kamis, 03 Aug 2017 17:10 WIB
kebakaran lahan dan hutan
25 Hektare Lahan di OKI Terbakar
petugas pemadam karhutla saat bertugas memadamkan kebakaran di OKI.--MTVN/Alwi--

Metrotvnews.com, Palembang: Sebanyak 25 hektare lahan di Lebak Deling, Kecamatan Pangkalan Lampam, Kabupaten Ogan Komering Ilir (Ilir) Sumsel terbakar. Kebakaran hutan dan lahan ini terjadi sejak Rabu 2 Agustus 2017 kemarin. 

Pelaksana tugas (Plt) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel, Iriansyah mengatakan, dari 25 hektare lahan yang terbakar 11 hektare sudah padam.

"Karhutla ini terjadi kemarin, karena kondisi medan yang sulit dan tinggi resikonya sehingga pemadaman disambung hari ini," katanya saat dihubungi, Kamis, 3 Agustus 2017.

Dalam pemadaman, BPBD menerjunkan dua helikopter untuk melakukan waterboombing dan juga dibantu seluruh petugas di dekat lokasi kebakaran melalui darat.

"Belum tahu penyebab terjadinya kebakaran di OKI ini," terangnya.

Saat ini pihaknya juga tengah berupaya memadamkan kebakaran lahan di daerah Ogan Ilir. Pemadaman ini juga menggunakan dua helikopter untuk melakukan waterboombing dan melalu tim darat.

"Kami akan berupaya agar karhutla ini dapat dipadamkan secepat mungkin," pungkasnya.

Dari pantauan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) selain di OKI, OI titik panas terpantau juga di Musi Rawas Utara (Muratara) satu titik, dan Ogan Komering Ulu (OKU) satu titik. 



(ALB)