Operasi Premanisme Polda Kepri Tangkap 74 Orang

Anwar Sadat Guna    •    Selasa, 20 Jun 2017 15:57 WIB
premanisme
Operasi Premanisme Polda Kepri Tangkap 74 Orang
Kapolda Kepri Irjen Pol Sam Budigusdian mengecek kesiapan personel kepolisian dalam pengamanan perayaan Idul Fitri 1438H.

Metrotvnews.com, Batam: Jajaran kepolisian di lingkungan Polda Kepri menangkap 74 orang dalam operasi premanisme Polda Kepri dalam menciptakan kondisi aman jelang Lebaran 2017. 

Kapolda Kepri Irjen Sam Budigusdian mengatakan, ke-74 preman tersebut di tangkap di sejumlah wilayah di Provinsi Kepri. Operasi premanisme itu berlangsung mulai 8-19 Juni 2017.

"Khusus jajaran Polda Kepri menangkap dua orang dengan barang bukti, 1 senjata tajam dan dua sepeda motor; Polresta Barelang (Batam) menangkap 68 orang dengan barang bukti 10 sepeda motor, 2 ketapel, dan 3 botol minuman keras," ungkap Sam di Mapolda Kepri, Selasa, 20 Juni 2017.

Selanjutnya, Polres Tanjunpinang menangkap 5 orang, 2 kantong plastik minuman keras, dan 5 unit sepeda motor. "Ada beberapa orang yang juga diamankan oleh polres kota/kabupaten lainnya di Kepri namun hanya diberikan peringatan," ungkap Sam. 

Untuk 74 preman yang diamankan masih menjalani pemeriksaan untuk menyelidiki dugaan keterlibatan mereka dalam kasus tindak kejahatan, seperti pencurian kendaraan bermotor (curanmor). 

"Ada beberapa sepeda motor yang disita petugas patut diduga hasil curanmor. Makanya sedang dikembangkan oleh penyidik," kata Sam. Ia menjelaskan, operasi premanisme Polda Kepri dilakukan untuk menjaga situasi kamtibmas di seluruh wilayah hukum Polda Kepri.

Operasi premanisme tersebut, tambah Sam, masih akan terus berlangsung untuk mendukung Operasi Ramadaniya 2017 yang dilaksanakan sejak awal Ramadhan 2017. "Operasi ini masih berlangsung, untuk memberikan rasa aman dan nyaman selama Ramadhan dan arus mudik Lebaran 2017," ucap Sam.

Sebelumnya, Kapolda bersama Gubernur Kepri Nurdin Basirun bersama Fokum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) memantau kesiapan arus mudik lebaran di beberapa lokasi di Batam.

Lokasi yang dikunjungi di antaranya Pelabuhan Domestik Sekupang, Pelabuhan Domestik Punggur, dan Bandara Internasional Hang Nadim Batam.


(ALB)