Diguyur Hujan, Kabut Asap di Meulaboh menipis

Nurul Fajri    •    Kamis, 27 Jul 2017 13:29 WIB
kebakaran lahan dan hutan
Diguyur Hujan, Kabut Asap di Meulaboh menipis
Kabut asap tampak di wilayah Aceh Barat, Aceh, Selasa (25/7/2017). (Metrotvnews.com/Nurul Fajri)

Metrotvnews.com, Meulaboh: Hujan dengan intensitas ringan mengguyur Meulaboh, Aceh Barat, Kamis 27 Juli 2017. Akibatnya asap tebal yang menyelimuti wilayah ini sejak pagi hari tadi berangsung menipis.

Warga di Meulaboh bersyukur dengan turunnya hujan di kawasan ini. Pasalnya, kabut asap yang melanda Aceh Barat selama sepekan terakhir sudah mengganggu kesehatan masyarakat.

"Alhamdulillah hujan, walaupun enggak lama," ujar salah seorang warga, Umar.

Kebakaran hutan dan lahan gambut masih terus terjadi di empat kecamatan, yaitu Johan Pahlawan, Meureubo, Arongan Lambalek, dan Kaway XVI. Hingga saat ini petugas dari BPBD dibantu aparat TNI dan Polri masih terus berusaha untuk memadamkan kobaran api.

"Kita masih terus melakukan pemadaman dibantu helikopter bom air di beberapa titik, seperti Suak Raya," ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Barat, Teuku Syahluna Polem.

Sementara kobaran api dua kecamatan lainnya, yaitu Samatiga dan Woyla sejak Rabu 26 Juli 2017 kemarin sudah berhasil dipadamkan. Dia juga menyebut, sejak pukul 11.00 WIB siang tadi, kabut asap di beberapa tempat mulai menipis. Hal tersebut karena wilayah ini sempat diguyur hujan ringan.


(ALB)