Polda Sumut Gagalkan Peredaran 17,6 Kg Sabu

ant    •    Selasa, 22 Jan 2019 19:29 WIB
narkoba
Polda Sumut Gagalkan Peredaran 17,6 Kg Sabu
ilustrasi Medcom.id

Medan: Kepolisian Daerah Sumatera Utara mengagalkan penyelundupan sabu asal Malaysia seberat 17,6 kilogram. Sabu disita dari sejumlah daerah di wilayah Sumut. 

"Sabu disita dari sejumlah daerah, yakni Pematang Siantar, Tebing Tinggi, Medan, dan Langkat," kata Direktur Reserse Narkoba Polda Sumatera Utara Kombes Pol Hendri Marpaung, di Mapolda Sumut, Selasa, 22 Januari 2019.

Narkoba, sambung Hendri, disita dari pengedar berinisial MR, di Jalan Lintas Medan-Banda Aceh/Jalan Masjid Desa Pekan Tanjung Pura, Kabupaten Langkat, Sabtu 12 Januari. Dari tangan tersangka disita sabu seberat 369 gram.

"Tersangka diamankan ke Rumah Tahanan Polda Sumut," ujar Hendri.

Ia mengatakan, pihaknya kemudian mengembangkan kasus dan berhasil menangkap dua tersangka berinisial M, dan MS, pada Minggu, 13 Januari, di Jalan Ampera I Kelurahan Sei Sikambing, Kecamatan Medan Helvetia.

Hasil penangkapan petugasmenyita 99,67 gram sabu, satu unit sepeda motor, dan dua unit ponsel. 

"Aparat kepolisian juga meringkus tiga pengedar narkoba berinisial Z, RA, dan SM, di Mc Donald Jalan Gagak Hitam/Ring Road Kecamatan Medan Sunggal, Kamis, 17 Januari," kata dia.

Dari hasil penangkapan itu, petugas menyita satu bungkusan plastik dalam kemasan warna hijau yang bertuliskan "Guanyinwang" berisikan narkotika jenis sabu seberat 1.000 gram (1 Kg), tiga unit ponsel, dan satu unit
mobil.

Dari hasil pengembangan, petugas kepolisian juga mengamankan tersangka
WS, yang memiliki delapan bungkus plastik tembus pandang berisi 500,7 gram sabu-sabu, satu unit timbangan elektrik dan satu unit handphone. 
Petugas yang menyamar sebagai pembeli, berhasil menangkap tersangka pengedar narkoba inisial FSBL, di komplek Tasbi II Kelurahan Sunggal  Kota Medan, Sabtu 19 Januari pukul 22:00 WIB.

"Dari tangan tersangka itu disita barang bukti sabu seberat 92,6 gram," kata Direktur Reserse Narkoba Polda Sumut itu. 


(ALB)