Puting Beliung Rusak Mapolsek dan Rumah Warga

Dwi Apriani    •    Senin, 23 Oct 2017 17:36 WIB
angin puting beliung
Puting Beliung Rusak Mapolsek dan Rumah Warga
Puting Beliung Rusak Bangunan Polsek dan Rumah Warga

Metrotvnews.com, Muara Enim: Hujan deras disertai angin kencang yang melanda sebagian besar wilayah Kabupaten Muara Enim mengakibatkan bencana angin puting beliung.

Angin puting beliung merusak sembilan rumah warga di desa Sugih Waras, Kecamatan Rambang. Selain itu, puting beliung juga merusak bangunan Polsek wilayah setempat.

Kepala BPBD Muara Enim, Tasman mengatakan angin puting beliung terjadi saat hujan deras melanda sejumlah wilayah Muara Enim. "Totalnya ada sembilan rumah warga rusak di Desa Sugih Waras, Kecamatan Rambang termasuk pagar dan atap parkiran bangunan Polsek Rambang roboh diterpa angin,"kata Tasman.

Menurut Tasman, angin puting beliung yang terjadi cukup dahsyat. Dia mengaku sejumlah kebun warga juga di terpa angin. "Berdasarkan laporan ada sebanyak 687 batang pohon karet warga setempat tumbang,"ujarnya.

Kapolsek Rambang AKP Jauhari membenarkan adanya bencana alam Puting Beliung yang juga menyebabkan kerusakan pada Mapolsek Rambang akibat dari bencana tersebut. "Titik angin kencang berasal dari belakang markas polsek menyebabkan kerusakan pada bagiaan pagar beton yang roboh sepanjang 25 meter dan tinggi 180 sentimeter," ungkapnya.

Jauhari menambahkan, puting beliung juga merusak atap seng tempat parkir kendaraan akibat terlepas dan terlempar oleh derasnya angin. "Beberapa tanaman pohon mahoni di sekitar Mapolsek juga roboh,"jelasnya.

Meski demikian, AKP Jauhari memastikan pelayanan Polsek Rambang tetap berjalan. "Aktifitas piket penjagaan dan pelayanan terhadap masyarakat tetap berjalan tanpa adanya hambatan serta kendala, juga dilaporkan situasi kamtibnas masih aman dan terkendali," kata dia.

Sementara itu di Musi Rawas Utara juga mengalami hal serupa. Satu rumah di Desa Noman Lama Kecamatan Rupit rusak parah akibat tertimpa pohon yang tumbang. Selain itu juga ada tiga rumah yang mengalami rusak ringan dimana atapnya melayang.

Kepala Dinas Sosial Muratara, Zainal Arifin Daud mengatakan pihaknya langsung melakukan koordinasi dengan BPBD setempat untuk mengecek lokasi. "Pemda akan segera membantu warga dengan membenahi rumah-rumah yang rusak, menyediakan bantuan pangan bagi korban bencana," tandasnya. 


(ALB)