Warga Medan `Menyerbu` Kantor PDAM

Budi Warsito    •    Selasa, 24 Oct 2017 13:25 WIB
krisis air bersih
Warga Medan `Menyerbu` Kantor PDAM
Warga di Jalan A.R. Hakim, Medan, Sumatera Utara, berbondong-bondong mengambil air bersih di kantor PDAM -- MTVN/Budi Warsito

Metrotvnews.com, Medan: Sejumlah wilayah di Medan mengalami krisis air bersih karena rusaknya pipa penyaluran air milik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi. Warga yang kesulitan air pun `menyerbu` kantor PDAM untuk mengambil air.

"Terpaksalah ambil air di sini (kantor PDAM), karena sudah tiga hari air mati. Akibatnya, kami susah mau mandi dan lain-lain," kata Herman, warga Jalan A.R. Hakim, Medan, Sumatera Utara, Selasa 24 Oktober 2017.

Menurut Herman, warga berbondong-bondong mendatangi kantor PDAM sejak pagi tadi sambil membawa galon dan ember untuk menampung air.

Direktur Air Minum PDAM Tirtanadi Delviyandri mengklaim, permasalahan air ini segera diatasi. Kerusakan pipa disebabkan adanya lonjakan air atau tekanan secara tiba-tiba yang disebut juga water hummer, sehingga pipa dari bahan fiber itu rusak.

"Kami juga mau ini jangan lama-lama. Kalau air sudah mati, aktifitas juga pasti terkendala," ujarnya.

Sebagai informasi, pasokan air bersih di Medan terganggu karena pipa induk PDAM yang berdiameter 1.000 milimeter di Jalan Stasiun Kereta Api Duren/Jalan Purwo Gang Anyelir pecah. Saat ini, pihak PDAM terus melakukan perbaikan.


(NIN)