Sumsel Bakal Bentuk Tim Percepatan Penurunan Kemiskinan

Antara    •    Rabu, 16 Jan 2019 14:38 WIB
kemiskinan
Sumsel Bakal Bentuk Tim Percepatan Penurunan Kemiskinan
Kemiskinan. MI/Pradipta

Palembang: Provinsi Sumatera Selatan akan membentuk tim percepatan penurunan kemiskinan untuk mencapai target penurunan hingga 1,0 persen setiap tahun. Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan, tim tersebut terlebih dulu akan mencari penyebab masih tingginya angka kemiskinan yang saat ini sebesar 12,80 persen per 2018.

"Kalau memang selama ini ada salah sasaran dalam penganggaran, kita perbaiki. Saya ingin paling tidak setiap tahun ada penurunan 1,0 persen, artinya dalam 5 tahun bisa capai satu digit," kata Deru di Palembang, Selasa, 16 Januari 2019. 

Deru menjelaskan, persoalan kemiskinan menjadi satu dari dua indikator makro yang belum bagus capaiannya, selain indeks pembangunan manusia (IPM) yang tercatat masih di bawah nasional.

"Oleh karena itu diperlukan komitmen bersama dengan kabupaten/kota untuk menurunkan angka kemiskinan jadi satu digit," jelas Deru.

Deru menilai, penurunan kemiskinan di 17 kabupaten/kota yang ada memang perlu diperbaiki pengelolaannya. Deru juga mendelegasikan pembentukan tim percepatan tersebut kepada wakil gubernur dan sekda Sumsel untuk nantinya berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten/kota.

Pihaknya optimistis angka kemiskinan satu digit dapat tercapai karena telah menjadi fokus utama dalam RPJMD Sumsel lima tahun ke depan.

Sementara itu, Wakil Bupati Musi Banyuasin Beni Hernedi menyambut baik rencana pemprov untuk menekan angka kemiskinan melalui tim percepatan tersebut. "Kami akan dukung gubernur untuk menurunkan angka kemiskinan, kami juga berkomitmen satu digit," ungkap Beni.


(DEN)