LRT Palembang Diuji Coba April 2018

Alwi Alim    •    Sabtu, 28 Oct 2017 16:07 WIB
infrastruktur
LRT Palembang Diuji Coba April 2018
Menteri Perhubungan (Menhub) RI Budi Karya Sumadi (kanan) bersama Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin. Foto: MTVN/Alwi Alim

Metrotvnews.com, Palembang: Pengerjaan Light Rapid Transit (LRT) Palembang terus dikebut jelan Asian Games 2018. Proyek angkutan massal berbasis rel ini ditargetkan bisa diuji coba April 2018.

Menteri Perhubungan (Menhub) RI, Budi Karya Sumadi, mengatakan, pengerjaan LRT Palembang sudah 80 persen. Tinggal tahap penyelesaian. Karena itu, dia optimistis LRT bisa segera diuji coba.

"Diujicobakan dulu untuk jalurnya tanpa ada kereta, mengingat kereta baru akan didatangkan pada April," katanya saat ditemui di Griya Agung Palembang, Sabtu 28 Oktober 2017.

LRT ini ditargetkan selesai sebelum Asian Games yang tiba pada Agustus 2018 mendatang. Sehingga, LRT ini dapat digunakan semaksimal mungkin.

"LRT ini diharapkan mampu juga mencegah kemacetan yang terjadi di Kota Palembang," pungkasnya.

Kepala Proyek Waskita Karya, Mashudi Jauhari, mengatakan, proyek sudah masuk tahap pemasangan girder atau beton untuk penyangga lintasan LRT.

"Kami targetkan pemasangan girder ini selesai pada akhir Oktober," katanya.

Dia mengakui pemasangan girder ini memiliki beberapa kendala. Di antaranya lokasi sempit sehingga alat berat sulit untuk masuk. Selain itu, beberapa titik lokasi pemasangan girder tepat di tengah jalan, sehingga hanya dapat dilakukan pada malam hari.

"Untuk target penyelesaian keseluruhan dari LRT ini kami targetkan pada bulan Juni, 2018," pungkasnya.



 


(SUR)