Dua Gajah Mati Tersengat Listrik

Antara    •    Senin, 16 Oct 2017 17:03 WIB
gajah mati
Dua Gajah Mati Tersengat Listrik
Warga bersama anggota TNI/Polri melihat dua gajah sumatera (Elephas maximus sumatrensis) yang mati diduga akibat tersengat arus listrik di Kawasan perkebunan warga Desa Seumanah Jaya, Rantoe Perlak, Aceh Timur, Aceh. ANTARA FOTO/Jabir

Metrtovnews.com, Banda Aceh: Dua gajah ditemukan mati tersengat arus listrik yang dipasang di pagar kebun warga di Kabupaten Aceh Timur, Minggu 15 Oktober 2017. Gajah mati tersebut ditemukan warga dan kemudian disampaikan kepada Forum Konservasi Leuser.

"Gajah mati tersebut ditemukan di Dusun Semedang Jaya, Gampong Seumanah Jaya, Kecamatan Rantau Peureulak, Aceh Timur," kata Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh Sapto Aji Prabowo, Senin 16 Oktober 2017.

Ia menyebutkan, dua gajah mati tersebut seekor jantan berusia 10 tahun dan betina berumur 20 tahun. Saat ditemukan, bangkai gajah lengkap dengan gadingnya. 

Dua gajah mati itu diduga karena terkena pagar beraliran listrik yang dipasang warga. hal itu juga dikuatkan hasil autopsi.

"Autopsi dilakukan dengan mengambil beberapa sampel organ dan selanjutnya diuji laboratorium. Hasil autopsi dan kesimpulan sementara, gajah mati karena tersengat listrik," kata dia.

Sapto Aji Prabowo menyebutkan, dua gajah tersebut diperkirakan mati pada Sabtu malam 14 Oktober. BKSDA Aceh juga sudah membuat laporan ke Polres Aceh Timur.

"Kami berharap penegakan hukum kasus ini dapat dilakukan. Kami juga mengingatkan warga untuk tidak memasang arus listrik di pagar kebun karena tidak hanya mengancam satwa liar juga membahayakan manusia," kata Sapto.


(ALB)