Lebih 30 Hektare Hutan Taman Kerinci Seblat Rusak

   •    Jumat, 06 Oct 2017 19:57 WIB
lingkungan
Lebih 30 Hektare Hutan Taman Kerinci Seblat Rusak
Kerusakan hutan terjadi di daerah Pal 7 Bermani Ulu Raya. Lokasinya berjarak kurang lebih 20 km dari Curup, Pusat kota dari Kabupaten Rejang Lebong. Foto: Metro TV/Hadi Wijaya

Metrotvnews.com, Curup: Kerusakan hutan di Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu, mencapai lebih 30 Hektare. Kerusakan terjadi lantaran hutan beralih fungsi menjadi perkebunan.

Kasat Reskrim Polres Rejang Lebong AKP Chusnul Qomar mengatakan kerusakan ditemukan saat petugas gabungan menggelar operasi di TNKS pada 4 hingga 5 Oktober 2017. Tapi, petugas tak menemukan pelaku pembalakan hutan.

"Petugas menemukan pohon yang sudah ditebang, lahan yang sudah dibakar di lokasi itu. Pohon-pohon yang ditebang yaitu Meranti, Balam, dan Medang," kata Chusnul di Mapolres Rejang Lebong, Jumat 6 Oktober 2017.


Petugas menemukan kerusakan karena pembalakan liar. Foto: Metro TV/Hadi Wijaya

Petugas menemukan sejumlah kayu di semak-semak. Chusnul mengingatkan pelaku pembalakan akan diproses secara hukum. Tindakan mereka merusak lingkungan dan alam. Lantaran itu, polisi tengah memburu mereka.

Kerusakan hutan terjadi di daerah Pal 7 Bermani Ulu Raya. Lokasinya berjarak kurang lebih 20 km dari Curup, Pusat kota dari Kabupaten Rejang Lebong.

Taman Nasional Kerinci Sebelat membentang di empat provinsi dan dikenal sebagai taman nasional terbesar di Sumatera. Selain Bengkulu, taman meliputi Sumatera Barat, Jambi, dan Sumatera Selatan. Luasnya mencapai kurang lebih 13.750 kilometer persegi. (Kontributor Metro TV/Hadi Wijaya)


(SUR)