Parpol Diminta Jangan 'PHP' kepada Bakal Cagub

Alwi Alim    •    Rabu, 18 Oct 2017 15:44 WIB
pilkada 2018
Parpol Diminta Jangan 'PHP' kepada Bakal Cagub
Ilustrasi

Metrotvnews.com, Palembang: Lambatnya partai politik (parpol) menentukan calon gubernur dan wakil gubernur Sumatera Selatan dinilai akan berdampak buruk bagi calon yang akan disusung. Pasalnya, biaya yang dikeluarkan jadi lebih besar demi meningkatkan elektabilitas.

Pengamat politik Sumsel Bagindo Togar mengatakan, hingga saat ini belum ada satu pun rekomendasi resmi dari parpol terkait jagoan mereka di pilgub Sumsel. Rekomendasi baru sebatas pembicaraan di masyarakat tanpa ada pernyataan resmi secara tertulis.

"Lambatnya keputusan seperti memberikan harapan palsu (PHP) bagi bakal cagub," kata Togar di Palembang, Rabu 18 Oktober 2017.

Menurut Togar, seharusnya parpol lebih cepat memberikan keputusan agar tidak terlalu menyakitkan bagi para bakal cagub. Ia mencontohkan, jika seorang bakal cagub yang telah berusaha menaikkan elektabilitasnya, ternyata tidak terpilih untuk diusung.

"Meningkatkan elektabilitas itu perlu dana. Kemudian setelah banyak mengeluarkan dana, tidak terpilih. Tentunya sangat menyakitkan bagi bakal calon tersebut," jelasnya.

Tagor mengimbau agar para parpol segera mengeluarkan rekomendasi resmi siapa yang diusung dalam Pilgub Sumsel. Tapi, siapa pun nantinya calon yang diusung, jangan asal maju.

"Hindari politik dinasti dan politik uang karena berpotensi terjadi hal yang negatif di kemudian hari," pungkasnya.


(NIN)