Lima Kampung di Siak Terendam Banjir

Rudi Kurniawansyah    •    Rabu, 29 Nov 2017 18:59 WIB
banjir
Lima Kampung di Siak Terendam Banjir
ilustrasi Metrotvnews.com

Pekanbaru: Sebanyak lima kampung, di Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak, Riau terendam banjir. Hal itu disebabkan tingginya curah hujan dan luapan Sungai Siak, sejak Rabu 29 November.

Camat Sungai Apit Suparni mengatakan daerah yang terendam banjir, adalah Kampung Teluk Masjid, Dusun Parit Makmur, Kelurahan Sungai Apit, Kampung Lalang dan Kampung Bunsur.

"Lokasi yang paling parah terendam banjir yakni Kampung Bunsur dengan ketinggian air mencapai paha orang dewasa," ujarnya.

Suparni menjelaskan, sejauh ini pihaknya telah membersihkan kanal-kanal atau parit menggunakan alat berat bantuan dari sejumlah perusahaan dan Pemerintah Kabupaten Siak.

"Dari laporan sudah ada yang surut. Namun jika memburuk khususnya di Kampung Bunsur, masyarakat telah siap untuk dievakuasi," ujar Suparni.

Dia menambahkan, masyarakat saat ini juga secara swadaya melakukan pembersihan terhadap jalur di gorong-gorong atau kanal yang tersumbat. Namun untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, pihaknya tetap mengimbau agar masyarakat selalu berhati-hati dan mengawasi aktivitas anak-anak selama banjir terjadi.

Berdasarkan data BPBD Riau, bencana banjir sepanjang 2017 telah menyebabkan jatuhnya 3 korban jiwa di Kabupaten Pelalawan dan Indragiri Hulu. Selain itu sebanyak 756 jiwa mengungsi di Kabupaten Indragiri Hilir, Kampar, Rokan Hulu dan Pelalawan, serta ribuan rumah terdampak akibat bencana banjir di berbagai kabupaten di Provinsi Riau.

Sedangkan bencana longsor mengancam mengisolir 8 desa di Kecamatan Kampar Kiri Hulu dan Kampar Kiri. Longsor sempat menutupi ruas jalan atau akses utama yang menghubungkan ke 8 desa tersebut dengan dunia luar.


(ALB)