Rutan Singkil Kelebihan Kapasitas

Antara    •    Kamis, 29 Mar 2018 13:24 WIB
rutan
Rutan Singkil Kelebihan Kapasitas
ilustrasi Medcom.id

Singkil, Aceh: Rumah Tahanan (Rutan) Negara Singkil di Ketapang Indah, Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Aceh, sudah melebihi kapasitas tahanan. Dikhawatirkan hal itu berdampak buruk terhadap keamanan.

Kepala Cabang Rutan Negara Singkil, Azwir mengatakan, saat ini warga binaan Rutan meliputi narapidana dan titipan tahanan berjumlah 173 orang. Jumlah itu sudah sewajarnya bukan sebagai status Cabang Rutan, namun Lembaga Pemasyarakatan (LP).

"Kondisi tahanan Narapidana sudah sangat over kapasitas, kalau status Rutan seharusnya hanya dihuni maksimal 60 orang, tapi ini sudah kepenuhan," ucap Azwir.

Menurut Azwir, jika status Rutan dinaikkan juga sangat tidak memungkinkan. Lantaran fasilitas yang belum memadai. Untuk bisa menampung seluruh warga binaan Rutan harus menambah ruang hunian.

Termasuk fasilitas untuk keterampilan, sarana prasarana tahahan. Belum lagi soal rehab masjid yang sudah miring, jaringan PDAM sebagai sarana air bersih, serta perlengkapan lampu sorot, pos penjagaan tinggi, dan paling penting penambahan personil.

"Pertama saya tugas Februari 2018, heran juga, area Rutan luas, penghuni padat namun status masih cabang," ujarnya.

Rutan juga perlu perlengkapan fasilitas kerja perbengkelan, karena dihuni paling banyak kasus narkoba, sehingga sangat perlu diberikan keterampilan dan kegiatan rutin.

Yang sangat dikhawatirkan, kata Azwir, napi tidak betah dan tidak nyaman karena sudah terlalu padat, sehingga Rutan Singkil sudah harus dinaikkan status menjadi Lembaga Pemasyarakatan (LP) kelas III.


(ALB)