2.400 Hektare Hutan dan Lahan di Samosir Terbakar

Farida Noris    •    Senin, 29 Aug 2016 17:46 WIB
kabut asap
2.400 Hektare Hutan dan Lahan di Samosir Terbakar
Ilustrasi--Kebakaran hutan dan lahan di Pulau Rupat, Kabupaten Bengkalis, Riau (Foto: Ant/FB Anggoro)

Metrotvnews.com, Medan: Kebakaran hutan dan lahan masih terjadi di kawasan hutan Pusuk Buhit, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, Senin 29 Agustus. Kebakaran diperkirakan mencapai 2.400 hektare dan kian meluas.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, wilayah hutan itu sebelumnya pernah terbakar pada Juni hingga 20 Agustus 2016. Namun api kembali menyala sejak Sabtu 28 Agustus 2016.

Petugas gabungan dari TNI, Polri, BPBD, dan dibantu masyarakat masih memadamkan api. Upaya pemadaman dilakukan manual dan mengerahkan mobil pemadam kebakaran. Petugas membuat sekat agar api tidak menyebar ke permukiman di kaki gunung.

Saat ini, ada dua orang yang diperiksa kepolisian atas dugaan membakar lahan. Bupati Kabupaten Samosir belum menetapkan status Siaga Darurat meskipun wilayahnya terbakar sejak Juni 2016.

Kepala BPBD Samosir sudah mengusulkan ke bupati agar segera menetapkam status darurat. Kebakaran hutan dan lahan saat ini berada di lokasi baru di Kabupaten Samosir.

BNPB segera memberikan bantuan bom air (water bombing) menggunakan helikopter untuk pemadaman. Sebelumnya BNPB juga mengirimkan helikopter dalam penanganan kebakaran hutan dan lahan di Samosir pada Juni hingga 20 Agustus 2016.


(TTD)