Buang Bayi, Pelaku Pesan Tidak Lapor Polisi

Farida Noris    •    Selasa, 04 Oct 2016 15:51 WIB
penemuan bayi
Buang Bayi, Pelaku Pesan Tidak Lapor Polisi
Bayi yang ditemukan di RSUD Pringadi Medan, Sumatera Utara. (Metrotvnews.com/Farida Noris)

Metrotvnews.com, Medan: Pengunjung RSUD Pringadi Medan, Sumatera Utara dikagetkan dengan suara tangis bayi di belakang Instalasi Gawat Darurat (IGD). Bayi ditemukan bersama satu tas yang di dalamnya terdapat sepucuk surat.

"Bayi ditemukan kemarin di sekitar rumah sakit. Warga yang mendengar suara bayi, lalu melaporkan ke petugas. Sudah dicek kondisinya sehat, dan kini dirawat di ruang bayi," kata Humas RSUD Pirngadi Medan Edison Peranginangin, Selasa (4/10/2016)

Menurut Edison, bayi itu ditemukan sekitar pukul 15.45 WIB. Petugas lantas membawa si bayi ke ruang IGD untuk diperiksa. Kondisi fisik bayi baik dan sehat. Berat badannya 3,5 kg dengan panjang 55 cm. 

"Bayi ini akan kita rawat. Jika tidak ada keluarga yang mengambil akan kita koordinasi dengan Dinas Sosial," jelas Edison. 

Saat ditemukan, bayi dalam kondisi dibedong dengan kain. Tak hanya itu, ada juga tas jinjing, pakaian, bedak, minyak telon, dan susu. Di dalam tas juga terdapat sepucuk surat yang diduga ditulis si ibu bayi.

Di surat tertulis tanggal lahir bayi itu 20 Agustus 2016. Penulis meminta agar orang yang menemukan bayinya tidak melapor ke polisi. Dia pun berharap bayinya dirawat dengan baik. 

"Maaf ya Bu aku terpaksa meninggalkannya karena saya tak sanggup untuk menghidupinya. Tolong jaga dia bu dan asuh seperti anak sendiri," kata pesan dalam tulisan tangan itu. 

"Tolong jangan dilaporkan ke polisi ya bu. Karena saya tak punya alasan lagi. Daripada mati di tanganku lebih baik bersama ibu. Saya mohon bu tolong jangan laporkan ke polisi. Semoga ibu panjang umur dan diberi rezeki yang melimpah. Terimakasih banyak."


(SAN)