91 Calon Haji Embarkasi Medan Gagal Berangkat

Farida Noris    •    Senin, 21 Aug 2017 11:27 WIB
haji 2017
91 Calon Haji Embarkasi Medan Gagal Berangkat
Petugas dari Kementerian Agama RI daerah kerja bandara menyemprotkan air ke masker yang dipakai seorang jemaah haji kloter 1 embarkasi Medan -- MI/Siswantini Suryandari

Metrotvnews.com, Medan: Hingga saat ini, sudah 8.375 calon haji yang telah diberangkatkan ke Arab Saudi dari Embarkasi Medan. Namun, sebanyak 91 calon haji gagal berangkat karena sakit atau meninggal sebelum masuk asrama.

"Calon haji yang batal berangkat karena sakit akan menjadi prioritas pada penyelenggaraan haji tahun depan. Syaratnya, mereka tidak mengambil biaya naik haji atau tidak membatalkan keberangkatannya," kata Kabid Dokumentasi Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Medan Eri Nofa di Medan, Sumatera Utara, Senin 21 Agustus 2017.

Wakil Kepala Bidang Kesehatan Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Aulianto menambahkan, penyakit yang banyak dideriita calon haji adalah Penyakit Tidak Menular (PTM) atau degeneratif. Di antaranya hypertensi, diabetes mellitus, dimensia, dan hyperkolesterol.

"Penyakit itu banyak diderita jemaah apalagi yang sudah lanjut usia. Kita harap, calon haji yang gagal berangkat tahun ini bisa diberangkatkan tahun depan," tutur Aulianto.


(NIN)