Tak Diangkat PNS, Mantan Pegawai Bakar Gedung Rektorat Unimal

Antara    •    Jumat, 18 Aug 2017 19:05 WIB
kebakaran
Tak Diangkat PNS, Mantan Pegawai Bakar Gedung Rektorat Unimal
Foto ilustrasi. (Metrotvnews.com/Rizal)

Metrotvnews.com, Lhokseumawe, Aceh: Gedung Rektorat Universitas Malikussaleh (Unimal), Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh, terbakar pada Jumat, 18 Agustus 2017. Belakangan, gedung sengaja dibakar oleh mantan karyawan kampus itu lantaran sakit hati karena tidak kunjung diangkat menjadi PNS.

"Atas dasar itu, pelaku mengaku sakit hati dan melakukan pembakaran terhadap gedung Rektorat Unimal," ujar Wakapolres Lhokseumawe Kompol Isharyadi saat menggelar jumpa pers di kantornya.

Fakta tersebut diketahui setelah pelaku, SN, menyerahkan diri ke Polres Lhokseumawe. Dia nekat membakar gedung Rektorat karena tidak kunjung diangkat statusnya menjadi PNS. Kecewaannya bertambah setelah dia diberhentikan sebagai karyawan kontrak.

Kini pelaku bersama sejumlah barang bukti seperti sepeda motor pelaku dan beberapa sisa kayu yang terbakar, sudah di Polres Lhokseumawe untuk diperiksa lebih lanjut.

"Kami sedang melakukan penyelidikan terkait kasus ini serta telah memberikan ke Labfor Polda Sumut di Medan, untuk turun memeriksa lokasi," ucap Isharyadi.

Polisi juga sudah memeriksa enam saksi, yakni empat anggota Satpam, satu penjual minyak dan kepala bagian umum. Potensi kerugian akibat kebakaran gedung tersebut mencapai Rp10 miliar. Pelaku diancam Pasal 187 KUHP dengan hukuman 17 tahun penjara.

Peristiwa terbakarnya gedung biro administrasi Unimal yang terletak di kampus Reulet, Kecamatan Muara Batu, Kabupaten Aceh Utara tersebut, diketahui sekitar pukul 07.40 WIB. 

Api berhasil dikuasai sekitar pukul 10.00 WIB. Dua unit Damkar dari Pemko Lhokseumawe, dua unit Damkar Pemkab Aceh Utara, dua unit Damkar PT PIM, dua unit Damkar Krueng Mane dan satu unit Damkar PT Arun diterjunkan ke lokasi. Tidak ada korban jiwa, namun gedung Rektorat Unimal nyaris habis terbakar.


(SAN)