TNI AU-RSAF Ukir Sejarah Terbang Bersama 50 tahun RI-Singapura

Anwar Sadat Guna    •    Kamis, 07 Sep 2017 17:30 WIB
kerjasama bilateral
TNI AU-RSAF Ukir Sejarah Terbang Bersama 50 tahun RI-Singapura
Pesawat F-16 TNI AU yang ditumpangi KSAU dan F-16 Singapura yang ditumpangi Komandan RSAF sukses melakukan penerbangan di puncak acara Peringatan 50 Tahun Hubungan Bilateral RI- Singapura

Metrotvnews.com, Pekanbaru: Penerbang TNI AU sukses melakukan penerbangan dan membentuk formasi angka 50 di atas udara Marina Bay, Singapura, Kamis, 7 September 2017. Formasi itu memperingati 50 tahun hubungan bilateral Indonesia-Singapura.

Sekira pukul 13.30 WIB, sebanyak 11 pesawat tempur F-16 lepas landas dari Bandara Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru menuju Singapura. Dari 11 penerbang, Kepala Staf TNI AU (KSAU) Marsdya TNI Hadi Tjahjanto turut berada di atas pesawat F-16. 

Dalam penerbangan tersebut, Jenderal Hadi tandem bersama skuadron leader Letkol Penerbang Yoga Ambara. Tepat sekira pukul 14.30 waktu Singapura, para penerbang TNI AU bertemu di udara dengan 11 pesawat F-16 dari Singapura. 

Di acara puncak HUT ke-50 hubungan bilateral RI-Singapura itu, ke 22 pesawat F-16 membentuk beberapa formasi, di antaranya formasi angka 5 dan 0. 


KSAU Marsdya TNI Hadi Tjahjanto berpose bersama Letkol Yoga Ambara, di atas pesawat F-16 TNI AU setelahari sukses melakukan penerbangan di puncak acara HUT 50 hubungan bilateral RI-Singapura

"Saat kami terbang atau flypast menuju Singapura cuaca sangat mendukung. Begitupun saat kami melakukan beberapa formasi di udara cuacanya juga mendukung," kata Letkol Yoga, sesaat setelah landing bersama KSAU Marsdya TNI Hadi Tjahjanto di Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru. 

Ia menyatakan, penerbangan berjalan sukses selama pelaksanaan acara di Singapura. "Pertama kali dalam sejarah, kita dan Singapura bertemu dan melintas bersama-sama di udara dan disaksikan dua kepala negara, yakni Presiden RI dan Perdana Menteri Singapura," ujarnya.

Di lokasi acara, tepatnya di atas udara Marina Bay, Singapura, kata Yoga, para penerbang TNI AU-Singapura membentuk beberapa formasi. Di antaranya formasi kepala panah dan angka 50. "Kami membentuk angka 5, sedangkan F-16 Singapura membentuk angka 0," urai Yoga.

Ia menambahkan, dalam penerbangan tersebut KSAU Marsdya Hadi sangat memberikan apresiasi atas keberhasilan TNI AU melakukan penerbangan di acara puncak 50 tahun hubungan bilateral Indonesia-Singapura. 

"Bapak KSAU Ikut terbang bersama kami. Beliau sangat bangga terhadap pesawat F-16 yang sukses melakukan penerbangan ini," tambah Yoga. 

Sementara itu, Lieutenant Colonel (LTC) Tan Hwee Roy, mengatakan, penerbangan bersama TNI AU adalah pengalaman yang menarik. Tan berharap semua orang yang menyaksikan penerbangan dan formasi di udara merasa senang. 

"Awalnya kami khawatir jika cuaca kurang bagus karena tidak dapat memenej waktu. Tetapi syukur karena cuaca di sana (Singapura) bagus," kata Komandan Skuadron 140 Singapura ini. 

Tan merupakan pilot yang menerbangkan pesawat F-16 Singapura. Ia tandem bersama Komandan Republik Singapura Air Force (RSAF) atau KSAU Singapura, Major General (MG) Mervyn Tan.



(ALB)