Tamu Acara Pemberian Marga pada Kahiyang Diperiksa Ketat

Farida Noris    •    Selasa, 21 Nov 2017 10:40 WIB
jokowi mantu
Tamu Acara Pemberian Marga pada Kahiyang Diperiksa Ketat
Petugas memeriksa tamu yang datang acara Mangalehan Marga atau pemberian marga pada Kahiyang Ayu -- MTVN/Farida Noris

Medan: Tamu acara Mangalehan Marga atau pemberian marga pada Kahiyang Ayu harus melalui pemeriksaan ketat. Alat metal detector dipasang di pintu masuk dengan dijaga sejumlah petugas.

"Baru tadi pagi alatnya dipasang. Ini dilakukan untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan," kata seorang petugas di lokasi, Jalan Suka Tangkas, Medan Johor, Medan, Sumatera Utara, Selasa, 21 November 2017.

Tak hanya itu, tas setiap tamu undangan juga diperiksa petugas. Mereka dilarang membawa senjata tajam, mancis, dan alat lainnya yang dinilai membahayakan.

(Baca: Penembak Jitu Disiagakan di Pesta Anak Jokowi)

Wali Kota Medan Dzulmi Eldin berharap, acara pemberian marga bagi Kahiyang berjalan dengan baik. Acara ini menunjukkan kayanya budaya Sumut.

"Kalau sudah mendapat gelar marga, beliau (Kahiyang) resmi menjadi warga Sumut. Jadi, budaya ini harus lebih dikenal masyarakat luas," pungkasnya.

Hari ini, Kahiyang akan diberi marga Siregar. Marga Siregar merupakan marga dari ibu Bobby.

(Baca: Pemberian Marga buat Kahiyang Bakal Dihadiri Raja-Raja Mandailing)

Kahiyang adalah putri Solo yang tentu tidak punya marga. Pada adat Mandailing apabila, salah satu acara penting ialah pemberian marga kepada mempelai wanita yang belum punya marga. Ini dilakukan agar acara adat bisa dilaksanakan.

Pemberian marga juga untuk menjelaskan keturunan, perkawinan antar-etnis, pengabdian, dan penghormatan.

 


(NIN)